DOWNLOAD PTK BAHASA INDONESIA SMA KELAS XI TERBARU

DOWNLOAD PTK BAHASA INDONESIA SMA KELAS XI TERBARU-Pada tahap perencanaan pembelajaran, peneliti terlebih dahulu menyusun RPP yang akan diterapkan di kelas pada setiap siklusnya. Siklus I difokuskan pada jenis¬jenis karangan yaitu karangan argumentasi, persuasi, eksposisi, deskripsi, dan narasi. Siklus II meliputi perbaikan atas kesalahan-kesalahan pada siklus I yang berasal dari siswa, yaitu penekanan pada penguraian fakta, pengungkapan alasan yang kuat, kedramatikan isi karangan, dan ejaan, maupun dari guru (peneliti). Perencanaan siklus III untuk memperbaiki dan menyempurnakan kesalahan-kesalahan kecil pada siklus II. ptk bahasa indonesia sma doc

Berdasarkan hasil penelitian, ada beberapa simpulan yang dapat dikemukakan, yaitu sebagai berikut.
1) Tahap pelaksanaan pada siklus I difokuskan pada jenis-jenis karangan, pengertian karangan, ciri-ciri umum, dan langkah-langkah menulis karangan persuasi. Tema iklan yang ditayangkan pada siklus I ini adalah Daihatsu Xenia. Pada siklus I ini,
banyak siswa yang tidak menguraikan fakta secara terperinci sesuai dengan imajinasi dan pemikiran siswa masing-masing. Permasalahan selanjutnya, masih banyak siswa yang membuat kekeliruan pada ejaan, kalimat, bahasa baku, maupun keruntutan paragraf.
2) Pada siklus II, pembelajaran difokuskan untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan pada siklus I, baik kesalahan kolektif, seperti penulisan judul, penguraian fakta atau argumen, kekomunikatifan dalam kata, kedramatikan karangan serta kesinambungan, dan keruntutan paragraf maupun kesalahan individual, seperti ejaan, bahasa baku, dan penulisan judul. Tema iklan yang ditayangkan pada siklus II ini adalah Panasonic Allowa Plus. Pada siklus II ini, kemampuan mengarang yang ditunjukkan siswa belum naik secara signifikan. contoh bahasa indonesia smk lengkap. Hal tersebut, dibuktikan dengan masih adanya siswa yang mendapat nilai dalam kategori “kurang” karena sebagian siswa sudah mulai bosan dengan materi pembelajaran yang sama.
Selanjutnya pada siklus III, peneliti mencoba kembali memperbaiki kesalahan¬kesalahan sebelumnya dan memaksimalkan semua pembelajaran, hingga semua siswa dapat kembali antusias terhadap pembelajaran mengarang persuasi. Hal ini terbukti dengan munculnya siswa yang memiliki nilai berkategori ‘sangat baik’ sebanyak 2 orang, berkategori ‘baik’ 19 orang, dan berkategori cukup 9 orang sehingga membuat peneliti yakin bahwa pembelajaran pada siklus ini sudah cukup efektif. Contoh ptk bahasa indonesia sma pdf
Produk iklan yang ditayangkan dalam siklus ini adalah CSL Blueberry yang mengemukakan fitur-fitur (kelengkapan) canggih secara terbuka, untuk memudahkan siswa dalam menguraikan fakta dan keunggulan produk tersebut pada karangannya.
Pemilihan media pembelajaran berupa iklan niaga ini agar suasana pembelajaran lebih menarik dan tidak menekan siswa. Hal itu dikarenakan siswa merasa terfasilitasi dalam hal memperluas imajinasinya untuk menulis karangan persuasi melalui tayangan iklan niaga tersebut.
3) Pembelajaran dilaksanakan berhasil memunculkan tanggapan positif pada diri siswa. Tanggapan positif tersebut yaitu dengan mulai banyaknya siswa yang bertanya, mengungkapkan pendapat, maupun menjawab pertanyaan dari guru (peneliti). Salah satu faktor yang menyebabkan kemajuan tersebut ialah, pendekatan secara personal dari pihak guru kepada masing-masing siswa sehingga merasa tidak canggung dan tetap menghormati gurunya. Download PTK Lengkap bahasa indonesia sma kurikulum 2013

Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas BAHASA INDONESIA SMA yang diberi judul PENGGUNAAN MEDIA IKLAN NIAGA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN PERSUASI PADA SISWA KELAS XI...... SMA ...............  TAHUN AJARAN 2016/2017". Disini akan di bahas lengkap.


CONTOH LENGKAP PTK BAHASA INDONESIA SMA KELAS XI 

BAB 1
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang Masalah
Media pembelajaran mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses belajar mengajar. Di samping dapat menarik perhatian siswa, media pembelajaran juga dapat menyampaikan pesan yang ingin disampaikan dalam setiap mata pelajaran. Penelitian Tindak Kelas bahasa indonesia sma pdf Dalam penerapan media pembelajaran di sekolah, guru dapat menciptakan suasana belajar yang menarik perhatian dengan memanfaatkan media pembelajaran yang kreatif, inovatif dan variatif sehingga pembelajaran dapat berlangsung dengan mengoptimalkan dan berorientasi pada prestasi belajar.
Dalam pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia media pengajaran sangat diperlukan untuk meningkatkan empat aspek keterampilan berbahasa, yaitu keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis. Di antara empat keterampilan berbahasa tersebut yang paling sulit adalah keterampilan menulis. Syamsudin (1993: 11) dalam Yuniarti (2009:5) menyatakan bahwa keterampilan menulis adalah keterampilan yang paling sulit jika dibandingkan dengan keterampilan lainnya, seperti membaca dan menyimak untuk memperoleh informasi dan ide untuk dituangkan dalam tulisan. contoh bahasa indonesia smk lengkap
Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa harus dipandang sebagai proses, yaitu menulis perlu dilakukan melalui tahapan-tahapan yang meliputi (1) tahapan prapenulisan atau persiapan menulis, (2) tahapan penulisan, dan (3) tahapan pascapenulisan. Tahap prapenulisan (persiapan) penulisan perlu dilakukan kegiatan: (a) penetapan tema, (b) mempertimbangkan maksud penulisan, (c) memperhatikan sasaran pembaca, (d) mengumpulkan informasi, dan (e) mengorganisasikan ide atau membuat kerangka tulisan. Tahap penulisan meliputi kegiatan: (a) pengenalan ide atau gagasan penulisan, (b) pemaparan ide atau gagasan tulisan, dan (c) menyimpulkan ide atau gagasan tulisan. Tahap pascapenulisan dilakukan: (a) editing, dan (b) revisi tulisan.
Tarigan (1994: 3) berpendapat, “Menulis merupakan suatu keterampilan berbahasa yang digunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung, tidak secara tatap muka dengan orang lain. Keterampilan menulis ini tidak akan datang secara otomatis, tetapi harus melalui latihan dan praktik yang baik dan teratur.”
Meskipun uraian sebelumnya menyatakan bahwa keterampilan menulis dianggap sebagai keterampilan berbahasa yang sangat sulit dan kompleks, seperti keterampilan menulis ini sangat penting dikuasai oleh siswa. download ptk bahasa indonesia sma doc Sejalan dengan pernyataan itu, Akhadiah (1998:1) mengemukakan bahwa selain dapat menolong siswa untuk berpikir secara kritis, kegiatan menulis juga merupakan kegiatan yang tidak terpisahkan dalam seluruh proses belajar yang dialami siswa di sekolah. Oleh karena itu, keterampilan menulis merupakan salah satu tujuan dalam pengajaran Bahasa Indonesia. Namun, pengajaran menulis di sekolah belum berjalan dengan baik. Selama ini pembelajaran menulis di sekolah hanya mendapat porsi waktu yang sedikit dibandingkan dengan pembelajaran kebahasaan lainnya. Selain itu, guru hanya berorientasi untuk melihat hasil tulisan siswa tanpa membelajarkan proses menulis pada siswa. Akhirnya, tujuan pembelajaran menulis hanya mengarah pada pencapaian kemampuan menulis siswa. Dengan perkataan lain, siswa hanya dituntut untuk cerdas secara intelektual. Hal inilah yang menjadikan menulis sebagai suatu beban.
Keberhasilan belajar sangat bergantung pada upaya guru membelajarkan para siswanya. Meskipun demikian, dalam kerangka pembelajaran guru merupakan salah satu faktor saja untuk mencapai keberhasilan pembelajaran disamping faktor metode, bahan, media, dan penilaian. contoh bahasa indonesia smk lengkap. Salah satu kelemahan yang nyata di lapangan adalah kurang variatifnya guru dalam menyajikan materi pelajaran karena terdorong untuk mengejar pencapaian target waktu yang telah ditentukan, tidak merangsang, dan kurang membahas karangan.

Tarigan (1991: 3) mengemukakan bahwa penyebab kekurangmampuan siswa dalam menulis karangan adalah sebagai berikut.
Sikap sebagian masyarakat Indonesia terhadap bahasa Indonesia belum menggembirakan, mereka tidak merasa malu memakai bahasa yang salah. Kesibukan guru bahasa Indonesia di luar jam kerjanya menyebabkan mereka tidak sempat lagi memikirkan bagaimana cara pelaksanaan pengajaran yang menarik dan efektif. download ptk bahasa indonesia sma doc
Metode, materi, dan media pelajaran yang kurang bervariasi, serta mungkin sekali hasil karangan siswa yang ada pun tidak sempat dikoreksi. Bagi siswa sendiri, pelajaran mengarang dirasakan beban belaka, dirasakan kurang menarik.
Latihan mengarang yang sangat kurang dilakukan oleh siswa.
Berdasarkan permasalahan itulah, peneliti tergugah untuk melakukan penelitian tentang menulis. Dalam penelitian ini, peneliti akan melakukan penelitian terhadap siswa SMA kelas XI MIPA 1 tentang menulis karangan persuasi. Persuasi merupakan bentuk karangan yang bertujuan untuk meyakinkan seseorang baik pembaca atau juga pendengar agar melakukan sesuatu yang dikehendaki penulis. Download PTK Lengkap bahasa indonesia sma kurikulum 2013 Pembelajaran menulis persuasi penting bagi siswa karena karangan persuasi dapat dijadikan sebagai sarana untuk mengekspresikan berbagai pikiran, gagasan, pendapat, dan perasaannya dalam bentuk karangan dengan mengajak pembaca agar tergerak melakukan sesuatu yang dikendaki penulis.
Sebelum melakukan penelitian, peneliti melakukan observasi terlebih dahulu. Observasi ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya dalam pembelajaran menulis karangan persuasi. Observasi awal dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap wawancara dan melihat hasil menulis karangan persuasi pada siswa. Berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan ............., S.Pd, selaku guru kelas XI....... SMA Negeri ............ dan delapan orang siswa kelas XI........ didapatkan keterangan bahwa belum ada metode atau media khusus yang mereka pakai dalam pembelajaran menulis, khususnya menulis karangan persuasi. Guru masih menggunakan metode ceramah dan contoh keseharian saja. download ptk bahasa indonesia sma doc
Tahap kedua adalah dengan melihat langsung karangan persuasi di buku catatat siswa. Ternyata aspek kebahasaan dan ejaan dalam karangan persuasi yang dibuat oleh siswa masih terdapat banyak kesalahan. Selain itu, guru hanya menilai hasil pekerjaan siswa dengan paraf saja tanpa memeriksa sama sekali. Hal ini pembelajaran menulis karangan persuasi belum memenuhi indikator tercapainya tujuan pembelajaran.
Dilihat dari uraian di atas, ditemukan permasalahan dalam pembelajaran menulis, termasuk pembelajaran menulis karangan persuasi. Artinya, menulis merupakan kegiatan yang paling sulit untuk dilakukan siswa. Download proposal ptk bahasa indonesia sma download ptk bahasa indonesia sma Pada saat melakukan aktivitas menulis, siswa dituntut berpikir untuk menuangkan gagasannya berdasarkan skema, pengetahuan, pengalaman yang dimiliki secara tertulis. Aktivitas tersebut memerlukan kesungguhan untuk mengolah, menata, mempertimbangkan secara kritis gagasan yang akan dicurahkan dalam bentuk tulisan atau karangan. Jadi, tidak heran masih banyak siswa yang jarang dan sulit melakukan aktivitas menulis karena menulis bukanlah kemampuan yang dapat dikuasai dengan sendirinya, melainkan harus melalui proses pembelajaran sehingga diperlukan sebuah proses panjang untuk menumbuhkan tradisi menulis. Penelitian Tindak Kelas bahasa indonesia sma pdf
Oleh karena itu, perlu segera dilakukan upaya untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa. Perlu disadari bahwa proses pembelajaran yang menyenangkan merupakan salah satu faktor yang dapat menunjang keberhasilan suatu pembelajaran. Dengan demikian, dituntut kreativitas yang tinggi dari para pengajar untuk terus mencari metode, teknik, dan media pembelajaran yang dapat menciptakan suasana pembelajaran seperti yang diharapkan dalam penyampaian materi pembelajaran.
Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan persuasi adalah dengan media pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti mencoba menggunakan media pembelajaran dengan menggunakan media iklan niaga dari tanyangan iklan televisi dalam pembelajaran menulis karangan persuasi. Alasan peneliti menggunakan media iklan niaga adalah untuk meningkatkan minat siswa dalam menulis karangan persuasi. Download proposal ptk bahasa indonesia sma Media iklan niaga dirasa relevan oleh penulis dalam mengembangkan imajinasi dan ide kreatif dari siswa kelas XI....... SMA Negeri ............. Media iklan niaga juga digunakan dalam proses menulis karangan persuasi. Agar proses pembelajaran meyenangkan dan tidak membosankan, bahkan dapat menarik perhatian siswa. download ptk bahasa indonesia sma terbaru
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas, penulis mencoba untuk melakukan penelitian tindakan kelas dengan penggunaan media iklan niaga dari tayangan iklan televisi sebagai sarana atau media untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan persuasi. Contoh ptk bahasa indonesia sma pdf Penelitian yang dimaksud berjudul “Penggunaan Media Iklan Niaga untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Persuasi pada Siswa kelas XI....... SMA Negeri ............ Tahun Ajaran 2016/2017”.
1.2 Identifikasi Masalah
Identifikasi permasalahan yang akan menjadi bahan penelitian ini adalah sebagai berikut.
1) Menulis merupakan kegiatan yang paling sulit untuk dilakukan siswa.
2) Hasil pembelajaran menulis karangan persuasi yang dilakukan siswa belum memenuhi indikator pembelajaran.
3) Aspek kebahasaan dalam penulisan karangan persuasi masih banyak kesalahan.
4) Media pembelajaran yang dipakai oleh guru dalam pembelajaran menulis karangan persuasi masih terbatas. ptk bahasa indonesia smk pdf
1.3 Pembatasan Masalah dan Rumusan Masalah
1.3.1 Pembatasan Masalah
Dalam penelitian ini penulis melakukan pembatasan-pembatasan terhadap masalah yang akan diteliti dan dijadikan objek penelitian adalah sebagai berikut.
1) Penggunaan media iklan niaga untuk meningkatkan keterampilan menulis
karangan persuasi pada siswa kelas XI....... SMA Negeri .............
2) Hasil pembelajaran keterampilan menulis karangan persuasi dengan menggunakan media iklan niaga pada siswa kelas XI....... SMA Negeri .............
1.3.2 Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut: download ptk bahasa indonesia sma doc
1) Bagaimana perencanaan pembelajaran menulis karangan persuasi melalui penggunaan media iklan niaga pada siswa kelas XI....... SMA Negeri ............?
2) Bagaimana pelaksanaan proses pembelajaran menulis karangan persuasi melalui penggunaan media iklan niaga pada siswa kelas XI....... SMA Negeri ............?
3) Bagaimana hasil dari proses pembelajaran menulis karangan persuasi melalui penggunaan media iklan niaga pada siswa kelas XI....... SMA Negeri ............?
1.4 Tujuan dan Manfaat Penelitian
1.4.1 Tujuan Penelitian
Berdasarkan permasalahan di atas, maka tujuan penelitian tindakan ini adalah sebagai berikut.
1) Mengetahui proses belajar mengajar menulis karangan persuasi dengan menggunakan media iklan niaga.
2) Mengetahui cara penerapan media iklan niaga dalam pembelajaran menulis karangan persuasi. download ptk bahasa indonesia sma
3) Mengetahui hasil belajar mengarang persuasi siswa dengan menggunakan media iklan niaga.
1.4.2 Manfaat Penelitian
Selain mempunyai tujuan, sebuah penelitian haruslah memiliki manfaat. Adapun manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: download ptk bahasa indonesia sma doc
1) Manfaat Teoretis
Dengan penelitian ini diharapkan pengajaran bahasa menjadi lebih kaya dengan berbagai media pembelajaran yang tepat. Dengan penggunaan media yang tepat, informasi atau bahan ajar dapat diterima dan diserap dengan baik oleh siswa.
2) Manfaat praktis
a. Bagi siswa
Dengan menggunakan media pengajaran berupa iklan niaga diharapkan dapat menarik minat siswa dan mampu mengembangkan ide-ide kreatifnya yang dituangkan dalam karangan persuasi. download ptk bahasa indonesia sma terbaru
b. Bagi pengajar
Hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan perbandingan dan alternatif penggunaan media iklan niaga dalam pembelajaran menulis khususnya menulis karangan persuasi.
c. Bagi peneliti
1) Mengaplikasikan teori yang diperoleh peneliti.
2) Penulis dapat mengimplementasikan penggunaan media iklan niaga dalam pembelajaran menulis karangan persuasi.
3) Menambah pengalaman peneliti dalam penelitian yang berkaitan dengan pembelajaran terutama pembelajaran menulis karangan persuasi.
1.5 Hipotesis Tindakan
Hipotesis adalah perumusan jawaban sementara terhadap suatu penelitian untuk mencari jawaban yang sebenarnya. Hipotesis tersebut tidak perlu selalu merupakan jawaban yang dianggap mutlak benar atau yang dapat dibenarkan oleh penyelidik, walaupun senantiasa diharapkan terjadi demikian.
Penulis menetapkan hipotesis dalam penelitian ini sebagai berikut.
1) Penggunaan media iklan niaga dalam keterampilan menulis karangan persuasi akan meningkat setelah diadakan latihan-latihan secara intensif dalam pembelajaran. Penelitian Tindak Kelas bahasa indonesia sma pdf
2) Pelaksanaan pembelajaran menulis karangan persuasi akan meningkat dengan menggunakan media iklan niaga.
1.6 Definisi Operasional
Agar tidak terdapat kesalahpahaman atau kekeliruan dalam penelitian ini, maka penulis beranggapan perlu adanya penjabaran definisi sebagai berikut.
1) Media iklan niaga merupakan siaran iklan yang disiarkan melalui penyiaran radio atau televisi dengan tujuan memperkenalkan atau mempromosikan barang atau jasa kepada khalayak sasaran untuk mempengaruhi konsumen agar menggunakan produk tersebut.
2) Keterampilan menulis paragraf persuasif dalam penelitian ini adalah menulis paragraf yang berisikan ajakan atau imbauan bersifat mempengaruhi pembaca dengan menggunakan kata-kata yang kreatif, sehingga pembaca mau mengikuti ajakan tulisan tersebut. Download proposal ptk bahasa indonesia sma Agar tujuannya dapat tercapai, penulis harus mampu mengemukakan pembuktian dengan data dan fakta. Contohnya adalah tulisan dalam iklan.


DOWNLOAD PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAHASA INDONESIA TERBARU



BAB 2
MEDIA IKLAN NIAGA DAN MENULIS KARANGAN PERSUASI



2.1 Pengertian Menulis
Keterampilan berbahasa bukanlah sesuatu yang dapat diajarkan melalui uraian-uraian atau penjelasan semata-mata. download ptk bahasa indonesia sma doc Siswa tidak dapat memperoleh keterampilan berbahasa hanya dengan duduk, mendengarkan keterangan dari guru, dan mencatat apa yang didengarkan itu di dalam buku tulisannya.
Empat keterampilan bahasa, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis diperlukan adanya pembinaan atau latihan-latihan secara bertahap dan terus¬menerus. Menulis sebagai salah satu aspek keterampilan berbahasa merupakan suatu keterampilan berbahasa yang dipergunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung, tidak secara tatap muka dengan orang lain. Menurut Tarigan (1994: 4) “menulis merupakan suatu kegiatan yang produktif dan ekspresif. download ptk bahasa indonesia sma Dalam kegiatan menulis ini penulis harus terampil memanfaatkan struktur bahasa dan kosakata. Keterampilan menulis ini tidak akan datang secara otomatis, tetapi harus melalui latihan dan praktik yang banyak dan teratur”. Menulis atau mengarang ialah kegiatan menyusun atau mengorganisasikan penemuan, ide, atau gagasan, dengan menggunakan serangkaian kalimat yang logis dan terpadu dalam bahasa tulisan.
Menulis berarti menuangkan buah pikiran ke dalam bentuk tulisan atau menceritakan sesuatu kepada orang lain melalui tulisan. Contoh ptk bahasa indonesia sma pdf Hal ini sejalan dengan yang diungkapkan oleh Widyamartaya (1991:9) bahwa menulis adalah proses kegiatan pikiran manusia yang hendak mengungkapkan kandungan jiwanya kepada orang lain atau kepada diri sendiri dalam bentuk tulisan. Selanjutnya Hernowo (2002:155) mengungkapkan bahwa menulis adalah melahirkan pikiran atau perasaan (seperti mengarang atau membuat surat) dengan tulisan. download ptk bahasa indonesia sma doc

Berdasarkan uraian di atas, penulis menyimpulkan bahwa menulis digunakan sebagai alat komunikasi tidak langsung yang berfungsi untuk menuangkan pikiran dan perasaan secara sistematis, dan hal ini memerlukan latihan serta praktik yang harus terus dibina. Pada kegiatan menulis bukan panjangnya tulisan yang diharapkan, melainkan kejelasan isi tulisan serta efesiensi pemakaian dan pemilihan kata. download ptk bahasa indonesia sma Selama kegiatan ini, siswa perlu disadarkan, bahwa ada berbagai kemungkinan cara penataan ataupun penyusunan kata, dan hal ini memerlukan praktik dan latihan terus-menerus. Menulis juga bisa disebut proses kegiatan berpikir manusia untuk menghasilkan sesuatu (karangan) sebagai ungkapan pikiran, perasaan, dan kandungan jiwanya kepada orang lain atau kepada dirinya sendiri dalam bentuk tulisan.
2.1.1 Fungsi Menulis
Menulis sebagai sebuah sarana dalam berkomunikasi mempunyai fungsi yang sangat beragam, di samping untuk menerangkan suatu hal yang dianggap penting, menulis pun dapat dijadikan sebagai sarana propaganda dan sarana mengungkapkan ide dan ekspresi terhadap suatu permasalahan. Misalnya penyikapan permasalahan bangsa mengenai pencalonan artis yang kurang “berkaca” untuk menjadi pemimpin daerah yang ditulis oleh Karim Suryadi dengan judul “Politik Tahu Diri Dalam Pemilukada”. download ptk bahasa indonesia sma doc Beliau mengekspresikan kekurang setujuan dirinya dengan pencalonan para artis yang tidak berkompeten pada bidang politik, maupun pemerintahan untuk dicalonkan menjadi kepala daerah dalam Pemilukada (Pikiran Rakyat, 19 April 20 10:2).
Tarigan, mengungkapkan fungsi menulis yang dihubungkan dengan dunia pendidikan yaitu sebagai berikut.
Dalam dunia pendidikan, menulis sangat penting karena sangat memudahkan para pelajar untuk berpikir dan mengungkapkan ide¬idenya. Selain itu menulis dapat menolong kita untuk berpikir secara kritis, memudahkan kita merasakan dan menikmati hubungan¬hubungan, memperdalam daya tanggap atau persepsi kita, memecahkan masalah-masalah yang kita hadapi, dan menyusun urutan bagi pengalaman. Tulisan dapat membantu kita menjelaskan pikiran¬pikiran kita (Tarigan, 1994:22). Contoh ptk bahasa indonesia sma pdf
Sedangkan menurut Rusyana (1986:16) fungsi menulis adalah sebagai berikut.
1) Fungsi penataan
Pada waktu menulis terjadi penataan gagasan, pikiran, pendapat, imajinasi, dan yang lainnya serta terhadap penggunaan bahasa untuk mewujudkannya.
2) Fungsi pengawetan
Menulis mempunyai fungsi untuk mengawetkan penguatan
sesuatu dalam wujud dokumen tertulis. Dokumen tersebut sangat
berharga, misalnya untuk mengungkapkan zaman dahulu. Download PTK Lengkap bahasa indonesia sma kurikulum 2013
3) Fungsi penciptaan
Menulis dapat menciptakan atau mewujudkan sesuatu yang baru. Karangan sastra, filsafat, dan keilmuan mewujudkan fungsi demikian.
Berdasarkan pernyataan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa
menulis berfungsi sebagai sarana mengekspresikan diri, memunculkan ide, mendokumentasikan, serta berperan dalam mendorong seseorang untuk berpikir kritis dan logis dalam menyikapi suatu persoalan. Download Proposal bahasa indonesia sma doc
2.1.2 Tujuan Menulis
Tujuan menulis adalah mewujudkan tercapainya kehidupan yang lebih baik bagi seisi dunia. Puisi, artikel, jurnal, buku ilmiah, cerita fiksi dan sebagainya ditulis agar setidaknya orang tergerak dan termotivasi untuk berbuat sesuatu yang lebih baik lagi.
Menurut (Tarigan, 1994:24) mengemukakan bahwa tujuan menulis adalah sebagai berikut.
a. Tujuan penugasaan
Penulis menulis sesuatu karena ditugaskan, bukan atas kemauan sendiri. Misalnya para siswa yang diberikan tugas merangkum buku. Download proposal ptk bahasa indonesia sma
b. Tujuan altruistik
Tulisan yang bertujuan untuk menyenangkan para pembaca, menghindarkan kedukaan para pembaca, ingin meolong para pembaca memahami, menghargai perasaan dan penalarannya, dan ingin membuat hidup para pembaca lebih mudah dan meyenangkan dengan karyanya itu.
c. Tujuan persuasif
Tulisan yang bertujuan untuk menyakinkan para pembaca akan kebenaran gagasan yang diutarakan. Contoh ptk bahasa indonesia sma pdf
d. Tujuan informatif
Tulisan yang bertujuan memberi informasi atau keterangan atau penerangan kepada pembaca.
e. Tujuan pernyataan diri
Tulisan yang bertujuan memperkenalkan atau menyatakan diri sang pengarang kepada para pembaca. Download proposal ptk bahasa indonesia sma
f. Tujuan kreatif
Tujuan ini erat hubungannya dengan pernyataan diri, tulisan yang bertujuan mencapai nilai-nilai artistik atau nilai-nilai kesenian.
g. Tujuan pemecahan masalah
Tulisan yang bertujuan untuk memecahkan masalah, menjelaskan, menjernihkan, menjelajahi, meneliti secara cermat pikiran-pikiran dan gagasan agar dapat dimengerti dan diterima oleh para pembaca. Contoh ptk bahasa indonesia sma pdf
Dengan adanya tujuan-tujuan menulis diketahui bahwa menulis adalah salah satu cara yang dipakai oleh manusia untuk dapat berkomunikasi, karena “komunikasi” adalah suatu proses pengiriman dan penerimaan pesan-pesan yang pasti bila manusia atau hewan ingin berkenalan dan berhubungan antara satu dengan yang lain. Selanjutnya unsur-unsur komunikasi tersebut, diterjemahkan oleh manusia dalam bentuk tulisan (Tarigan, 1994: 19-20).

Seorang penulis tidak saja harus menguasai prinsip-prinsip menulis, berwawasan dan berpengetahuan luas (memadai), menguasai kaidah-kaidah bahasa, terampil menyusun kalimat dalam sebuah paragraf, tetapi juga harus mempunyai tujuan dalam proses menulisnya. contoh bahasa indonesia smk lengkap Penulis harus memiliki berbagai informasi tentang apa yang akan ditulis. Informasi tersebut dapat diperoleh dari membaca dan mendengarkan dari berbagai sumber dan media informasi, untuk memperkuat tujuannya dalam membuat sebuah tulisan. Penelitian Tindak Kelas bahasa indonesia sma pdf
2.1.3 Manfaat Menulis
Menulis merupakan kemampuan berkomunikasi melalui bahasa yang tingkatannya paling tinggi. contoh bahasa indonesia smk lengkap Empat jenjang kemampuan berbahasa yang melekat pada setiap manuasia normal adalah menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Secara kronologis, keempat tubuh dalam diri setiap manusia untuk membangkitkan dunia tulis-menulis yang selama ini hampir pudar, perlu disadarkan kembali tentang arti penting menulis. Berikut ini, Nursisto (2000:5) menjelaskan manfaat yang dapat dipetik dari kegiatan menulis, yaitu: Download Proposal bahasa indonesia sma doc
1) sarana untuk mengungkapkan diri;
2) sarana untuk memahami sesuatu;
3) sarana untuk mengembangkan kepuasaan pribadi, kebanggaan, dan rasa harga diri;
4) sarana untuk meningkatkan kesadaraan dan penyerapan terhadap lingkungan sekeliling;
5) sarana untuk melibatkan diri dengan penuh semangat; dan
6) sarana untuk mengembangkan pemahaman dan kemampuan mempergunakan bahasa.
Manfaat lain dari menulis dikemukakan oleh Akhadiah (1992: 1-2) sebagai berikut:
1) dengan kegiatan menulis kita dapat lebih mengenali kemampuan dan potensi diri kita. Kita dapat mengetahui sampai dimana pengetahuan kita tentang sesuatu topik; download ptk bahasa indonesia sma
2) dengan kegiatan menulis kita dapat mengembangkan berbagai gagasan;
3) dengan kegiatan menulis kita lebih banyak menyerap serta menguasai informasi sehubungan dengan topik yang kita tulis;
4) menulis berarti mengkomunikasikan gagasan secara sistematis serta mengungkapkan secara tersurat;
5) melaui kegiatan menulis kita dapat menilai diri kita secara objektif;
6) melalui kegiatan menulis kita dapat memecahkan permasalahan, yaitu
dengan menganalisisnya secara tersurat dalam konteks yang konkret;
7) kegiatan menulis dapat mendorong kita belajar lebih aktif. Kita
menjadi penemu dan pemecah masalah; dan
8) dengan kegiatan menulis yang terencana akan membiasakan kita berpikir secara berbahasa secara tertib. download ptk bahasa indonesia sma doc
Berdasarkan pernyataan di atas, penulis dapat menyimpulkan manfaat
menulis yang paling utama adalah sebagai alat untuk mencatat sesuatu (pikiran, renungan, gagasan, dan perasaan) agar tidak mudah dilupakan. Download PTK Lengkap bahasa indonesia sma kurikulum 2013 Jadi, dengan kegiatan menulis kita dapat lebih mengenali kemampuan dan potensi diri kita.
2.2 Karangan/Paragraf Persuasi
Paragraf persuasi merupakan paragraf yang bertujuan meyakinkan orang lain bahwa pendapat penulis benar dan mengajaknya melakukan suatu tindakan atau mengatasi persoalan. Persuasi senantiasa menggunakan kalimat yang mudah diterima, konkret, menggelitik, dan merangsang emosi, tetapi tidak berlebihan. Contoh ptk bahasa indonesia sma pdf
2.2.1 Pengertian Karangan Persuasi
Persuasi sebagai karangan yang digunakan untuk membujuk agar seseorang mau melakukan sesuatu yang diperkuat dengan beberapa pengertian dari para ahli, di antaranya adalah sebagai berikut.
1) Persuasi atau membujuk dan menyakinkan adalah salah satu bentuk tulisan atau retorika yang berusaha menyakinkan dan membujuk mengenai hal-hal yang dikomunikasikan (Finoza, 2000:155). Download PTK Lengkap bahasa indonesia sma kurikulum 2013
2) Karangan persuasi adalah karangan yang dapat merebut perhatian pembaca, yang dapat menarik minat, dan dapat meyakinkan bahwa pengalaman membaca merupakan suatu hal yang amat penting (Tarigan, 1994:113).
Berdasarkan pengertian Finoza, (2000:155) dan Tarigan (1994:113) di atas, penulis menyimpulkan bahwa karangan persuasi adalah karangan yang mengandung gaya bahasa untuk meyakinkan dan mempengaruhi seseorang agar mau melakukan sesuatu sesuai dengan keinginan penulis. Penelitian Tindak Kelas bahasa indonesia sma pdf
2.2.2 Ciri-ciri Karangan Persuasi
Karangan persuasi sebagai salah satu jenis karangan yang menggunakan gaya persuasi atau bujukan dan mempunyai maksud mengajak seseorang untuk melakukan sesuatu, tentunya tidak lepas dari beberapa ciri yang muncul. Adapun ciri-ciri karangan persuasi adalah sebagai berikut. Penelitian Tindak Kelas bahasa indonesia sma pdf
a. Tulisan persuasif haruslah jelas dan tertib, maksud dan tujuan penulis dinyatakan secara terbuka atau dikemukakan dengan jelas. Bahan¬bahan diatur sedemikian rupa sehingga para pembaca mengalihkan perhatian pada sepenggal tulisan, ada beberapa pertanyaan yang jawabannya dapat ditemui segera disitu. Pembaca ingin mengetahui:
- Apa isinya? download ptk bahasa indonesia sma terbaru
- Bagaimana sikap penulis terhadap pokok permasalahan?
- Mengapa saya terus membacanya?
Penulis yang memberi jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut sejak semula paling sedikit telah mulai beranjak kearah persuasif. Dia telah membuat suatu permulaan yang baik dan teratur.
b. Tulisan persuasif haruslah hidup dan bersemangat. Segala sesuatu yang mempunyai daya tarik yang kuat terhadap indera adalah hidup, cerah, bersemangat adalah kata-kata yang dapat menyentuh perasaan, suasana, pandangan, pikiran, selera dan gairah. Penulis harus terampil mempergunakan kata-kata yang hidup dan bersemangat dalam karyanya. ptk bahasa indonesia sma doc
c. Tulisan persuasif beralasan kuat. Tulisan yang beralasan kuat berdasar pada fakta-fakta dan penalaran-penalaran. Bebas dari generalisasi¬generalisasi yang hampa serta pendapat-pendapat yang tidak mempunyai dasar dan prasangka yang tidak-tidak.
d. Tulisan persuasif harus bersifat dramatik. Tulisan persuasif harus dapat memanfaatkan ungkapan-ungkapan yang hidup dan kontras-kontras yang mencolok. Seperti juga halnya dalam drama pentas, penulis persuasif pun haruslah dapat membuat rasa tegang. ptk bahasa indonesia smk pdf Penulis harus dapat menarik pembaca berjalan dari suatu puncak ke puncak lain. Harus dapat menjaga agar perhatian pembaca tidak sempat kendor. Penulis harus dapat membuat konflik antara kebenaran yang didukungnya, serta menyalahkan yang bertentangan dengannya (Tarigan, 1994:113).
e. Adanya 4 faktor penguat daya persuasif yaitu sebagai berikut,
1) bahasa yang berfungsi seluas dan tajam sehingga sering berakibat terjadinya penipuan, kedengkian, percekcokan dan macam lainnya;
2) detail esensial yang mendukung tujuan sehingga memperjelas penalaran yang kita harapkan, pendetailan dilakukan dengan cara menyeleksi seberapa penting detail itu dalam membantu pembaca memahami tulisan kita; contoh proposal ptk bahasa indonesia sma
3) organisasi yaitu pengaturan detail di dalam karangan kita itu agar keyakinan dan pandangan pembaca dapat berubah yang bisa ditempuh melalui cara induktif, cara deduktif kronologi, dan cara penonjolan;
4) kewenangan menyangkut penerimaan dan kesadaran pembaca terhadap pengarang sebagai orang yang berwenang karena diyakini (Finoza, 2000:155).
Berdasarkan ciri-ciri karangan persuasi di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa karangan persuasi lebih menekankan pada pemakaian gaya bahasa yang jelas, hidup, dan bersemangat untuk meyakinkan pembaca terhadap suatu hal yang bersifat mempengaruhi pembaca untuk dapat melakukan sesuatu sesuai dengan yang diinginkan oleh si penulis. ptk bahasa indonesia sma doc
2.2.3 Jenis-jenis Karangan Persuasi
Karangan persuasi sebagai karangan yang bersifat propaganda tidak hanya digunakan pada ranah advertensi atau periklanan, namun dapat digunakan dalam berbagai ranah di antaranya ranah pendidikan, politik, sosial, dan ekonomi (Finoza, 2000:155) memberikan penjelasan sebagai berikut.
1) Persuasi Politik
Sesuai dengan namanya, persuasi politik dipakai dalam bidang politik oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang politik dan kenegaraan. Para ahli politik dan kenegaraan sering menggunakan pesuasi jenis ini untuk keperluan politik dan negaranya. Kita akan bisa memahami persuasi politik lebih baik lagi, bila kutipan berikut ini kita kaji dengan teliti. Download proposal ptk bahasa indonesia sma
Contoh:
YANG KEMELUT BUKAN HANYA PDI, TETAPI JUGA
PERTUMBUHAN POLITIK INDONESIA
Tidak habis-habisnya orang membicarakan kericuhan dalam kongres PDI di Medan. Silih berganti, juru bicara fraksi-fraksi yang bertikai melontarkan pandangan dan pendapatnya. Tidak urung, pemerintah juga dibuat sibuk, terpaksa memberikan jalan keluar. Misalnya, dianjurkan agar membentuk caretaker, karena kongres dinilai gagal. Juga dianjurkan agar diselenggarakan kongres luar biasa. Contoh ptk bahasa indonesia sma pdf
Sementara itu, diskusi politik berkembangan menjadi luas. Kongres PDI, kericuhan, kegagalan, dan segala macam tali temalinya, sekadar suatu kapstok, sekedar suatu pangkal tolak untuk membicarakan persoalan yang lebih luas, yakni persoalan pembangunan politik.
Salah satu yang dicemaskan oleh berbagai pihak yaitu adanya suatu indikator, bahwa kritis PDI menggoyahkan berbagai hal lain yang tidak kalah pokok dan prinsipnya. Misalnya, lantas timbul kesan, proses untuk membubarkan partai ini sebagai solusi penyelesaian akhir (Kompas, 4 Agustus 1993). Download proposal ptk bahasa indonesia sma
Contoh karangan di atas memiliki ciri persuasi politik melalui kalimat, proses untuk membubarkan partai ini sebagai solusi penyelesaian akhir yang terdapat pada paragraf terakhir.
Kalimat tersebut mengungkapkan tujuan persuasif penulis bahwa sulusi untuk memecahkan permasalahan kemelut di dalam partai PDI adalah dengan cara membubarkan partai tersebut. Penelitian Tindak Kelas bahasa indonesia sma pdf
2) Persuasi Pendidikan
Persuasi pendidikan dipakai oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang pendidikan dan digunakan untuk mencapai tujuan-tujuan pendidikan. Seorang guru, misalnya, bisa menggunakan persuasi ini untuk mempengaruhi anak supaya mereka giat belajar, senang membaca dan lain-lain. ptk bahasa indonesia smk lengkap Seorang motivator atau inovator pendidikan bisa memanfaatkan persuasi pendidikan dengan menampilkan konsep-konsep baru pendidikan untuk bisa dilaksanakan oleh pelaksana pendidikan. Kutipan artikel berikut dapat dijadikan bahan menelaah persuasi pendidikan ini.
LATIHAN FISIK UNTUK ANAK
Salah satu cara untuk meningkatkan prestasi adalah dengan latihan yang sistematis dan kalau mungkin dimulai sendini mungkin. Pengertian sedini mungkin ini sering disalah artikan oleh Pembina dengan cara memberikan latihan fisik yang sangat berat dan sangat spesifik kepada anak. Download Proposal bahasa indonesia sma doc Anak tidak boleh diberikan latihan yang sudah menj urus kearah spesialisasi, karena untuk latihan spesialisasi ini diperlukan tubuh dan orang yang sudah matang, sedangkan anak adalah mahluk yang belum sempurna, baik sistem pembuluh darah, otot, maupun hormonalnya. Tetapi meskipun anak tidak boleh digenjot fisiknya, mereka tetap boleh diberikan latihan fisik yang sesuai dengan pertumbuhannya.
Bagi anak-anak yang lebih cocok untuk digunakan dalam latihan fisik adalah latihan jinjit, setengah jongkok, latihan mengangkat, tungkai tegak, lurus ke atas dengan posisi tidur pada sisi dan latihan menaikan pinggul pada posisi duduk kaki lurus bertekan pada lengan. Download PTK Lengkap bahasa indonesia sma kurikulum 2013
Dengan melakukan latihan-latihan tambahan tersebut, maka kemampuan fisik anak akan lebih meningkat lagi. Latihan-latihan ini bila dapat dilakukan dengan rutin, maka akan merupakan dasar fisik yang kuat sehingga nantinya menjadi sarana untuk menuju prestasi yang tinggi, (Hario Tilarso, Kompas, 26 April 1993). download ptk bahasa indonesia sma doc
Contoh paragraf persuasif pada ranah pendidikan di atas, telah memberikan gambaran bahwa latihan fisik untuk pendidikan olahraga anak usia dini tidak harus spesifik, namun efektif disesuaikan dengan proporsi perkembangan fisiknya. Oleh karena itu, penulis memberikan bentuk latihan yang sesuai bagi anak usia dini agar diikuti oleh pembaca. Dari uraian penulis di atas, kita mengetahui bahwa bentuk paragraf tersebut adalah paragraf persuasif.
3) Persuasi Advertensi/Iklan
Persuasi iklan dimanfaatkan terutama dalam dunia usaha untuk memperkenalkan suatu barang atau bentuk jasa tertentu. Lewat persuasi iklan ini diharapkan pembaca atau pendengar menjadi kenal, senang, ingin memiliki, berusaha untuk memiliki barang atau memakai jasa yang ditawarkan. Karena itu, advertensi diberi predikat jalur komunikasi antara pabrik dan penyalur, pemilik barang dan publik sebagai konsumen. Download Proposal bahasa indonesia sma doc
Persuasi iklan yang baik adalah persuasi yang mampu dan berhasil menarik konsumen membeli barang yang ditawarkan. Sebaiknya, persuasi iklan tergolong sebagai persuasi kurang baik apabila tidak berhasil merangsang konsumen untuk memiliki barang yang diiklankan.
Contoh persuasi iklan:
PALMER DAN ROLEX, HAKIKAT DARI SUKSES
Arnold Palmer dewasa ini menggebrak dunia usaha dengan kehebatan yang sama dengan permainan golf. Ia penuh keyakinan, gigih dan berani dalam mengambil resiko. Namun dengan perhitungan yang matang. contoh bahasa indonesia smk lengkap
Palmer melibatkan diri dalam belasan kegiatan usaha diseluruh dunia, yang membuatnya seringkali terbang untuk berbagai pertemuan dan mengemudikan sendiri pesawat jet pribadinya.
Satu dari kegiatan-kegiatan yang paling penting adalah merangsang desain dan lanskap padang-padang golf. The Chung Shan yang menjadi padang golf pertama di Cina sejak tahun 1930-an adalah salah satu contoh yang luar biasa. Disamping itu, nama Arnold Palmer ada pada pakaian golf, pembangunan real estate, stik golf dan masih banyak lagi. download ptk bahasa indonesia sma doc
Dibalik keramahan senyum yang telah menjadikannya tokoh televisi, Palmer merupakan seorang pengusaha sukses yang selalu memberikan perhatian sampai ke detail.
Palmer tetap merupakan nama yang diperhitungkan di padang golf yang mampu memesona penonton maupun pemain yang dihadapinya. Download PTK Lengkap bahasa indonesia sma kurikulum 2013
Menjaga kecepatan waktu jelas merupakan tugas yang amat penting. Ia mempercayakannya pada jam tangan emas Rolex Oyster Day-Date. “bagi saya golf sudah merupakan bagian dari jiwa. Perasaan yang sama kuatnya juga bagi saya alami dengan Rolex, Rolex menjalankan tugasnya dengan sempurna!”
Suatu pujian berharga dari orang yang sangat menghargai ketepatan waktu (Tabloid Metro, 1993:27).
Contoh paragraf persuasi di atas memberikan pengetahuan kepada kita tentang suatu produk dagang, yaitu jam tangan Rolex yang berkualitas tinggi. Contoh ptk bahasa indonesia sma pdf Dalam paragraf tersebut, jam Rolex dipakai oleh eksekutif bisnis sekelas Arnold Palmer sehingga memberikan nilai jual yang lebih tinggi.
Iklan di atas tentu saja akan membuat pembacanya tertarik dan ingin membeli jam tangan tersebut. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa contoh paragraf di atas adalah paragraf persuasif.
4) Persuasi Propaganda
Objek yang disampaikan dalam persuasi propaganda adalah informasi. Tentunya tujuan persuasi propaganda adalah informasi. Tujuan persuasi propaganda tidak hanya berhenti pada penyebaran informasi saja. Lebih dari itu, dengan informasi diharapkan pembaca atau pendengar mau dan sadar untuk berbuat sesuatu. download ptk bahasa indonesia sma
Persuasi propaganda sering dipakai dalam kegiatan kampanye. Isi kampanye biasanya berupa informasi dan ajakan. Tujuan akhir dari kampanye adalah agar pembaca dan pendengar menuruti isi ajakan kampanye tersebut. Pembukaan informasi tentang
seseorang yang mengidap penyakit jantung dengan disertai ajakan pengumpulan dana untuk pengobatannya, atau selebaran yang berisi informasi tentang situasi tertentu, disertai ajakan untuk berbuat sesuatu adalah contoh persuasi propaganda. Perhatikan kutipan artikel persuasi propaganda di bawah ini. download ptk bahasa indonesia sma doc
PELAKU MENYAMPAH
Di kota-kota besar, setia orang mencari kemudahan dalam hidup. Kebiasaan makan, misalnya, di kota-kota besar di restoran fastfood cenderung menggunakan kemasan yang terbuat dari plastik atau stirofoam yang sekali pakai langsung dibuang. Kemasan kue yang kalau dahulu menggunakan daun pisang yang bisa membungkus, sekarang cenderung menggunakan plastik. download ptk bahasa indonesia sma terbaru Semua itu kebiasaan impor yang bukan budaya Indonesia. Budaya Indonesia menggunakan kemasan daun pisang atau daun jati.
Sebenarnya volume sampah bisa dikurangi drastis bukan hanya dengan menangani sampah plastik sebaik-baiknya atau dengan daur ulang, tetapi bagaimana menghindari seminimal mungkin pilaku menyampah. Hanya kekuatan konsumen yang bisa menekan produsen mengurangi bahan-bahan yang makin menambah volume sampah. download ptk bahasa indonesia sma doc
Semaksimal mungkin semua orang harus mengurangi penggunaan kemasan-kemasan yang kemudian akan menjadi sampah yang tidak bisa hancur. Misalnya, menghindari membeli makanan dan minuman yang menggunakan kemasan plastik atau kalaupun terpaksa membeli ambil saja makanannya, kemasannya kembalikan lagi pada penjualnya. Rasanya tidak menggunakan plastik tidak akan mengurangi kenyamanan hidup ini. (Harry Surjadi, Kompas, 29 Juli 1993). Download PTK Lengkap bahasa indonesia sma kurikulum 2013
Contoh paragraf persuasif di atas, dapat disimpulkan sebagai sebuah ajakan secara langsung kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan dan mengurangi volume sampah berlebihan, dari paragraf tersebut penulis mengungkapkan berbagai hal yang dapat dipraktikkan oleh pembaca, dalam mengurangi penggunaan kemasan plastik supaya tidak menaikan volume sampah khususnya diperkotaan. Dari situ kita dapat menarik
kesimpulan bahwa bentuk karangan di atas adalah benar sebagai karangan persuasi propaganda. Download Proposal bahasa indonesia sma doc
2.2.4 Syarat-syarat Mengarang Persuasi
Karangan persuasi pada hakikatnya adalah suatu karangan yang berusaha meyakinkan dan membujuk seseorang untuk melakukan hal-hal yang dikomunikasikan. Oleh karena itu, agar tujuan mengarang persuasi tercapai, pengarang harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut.
1) Mengetahui subjek yang akan dibahas
Dengan mengetahui subjek karangan yang akan digarapnya, maka penulis dapat mengembangkan atau memperluas pengetahuan mengenai hal itu, baik melalui membaca buku, surat kabar, atau melihat tayangan-tayangan audio visual di televisi. Selanjutnya, hasil tersebut dievaluasi dan ditampilkan dalam tulisan. Download proposal ptk bahasa indonesia sma
2) Mampu menggunakan kata yang bersifat membujuk
Memiliki kemampuan untuk menggunakan kata yang bersifat membujuk, adalah salah satu hal utama untuk membuat pembaca marasa tertarik dan ingin melakukan sesuatu terhadap apa yang dibacanya (Vendraf, 2008: 3). Penelitian Tindak Kelas bahasa indonesia sma pdf
2.2.5 Langkah-langkah Menulis Karangan Persuasi
Dalam suatu karangan, penataan gagasan perlu dilakukan agar gagasan pengarang dapat terungkap dan diterima secara sistematis serta komunikatif.
Adapun langkah-langkah dalam menulis karangan persuasif (Suryanto & Haryanta, 2007: 119) adalah sebagai berikut.
1) Menentukan topik dan tujuan dalam karangan persuasif
Dalam paragraf persuasif, tujuan penulis dapat dikemukakan secara langsung. Tujuan penulisan yang dapat dirumuskan adalah menyakinkan pembaca bahwa topik tersebut memberikan pengetahuan kepada kita tentang suatu produk dagang. Download proposal ptk bahasa indonesia sma
2) Membuat kerangka karangan persuasif
Agar susunan tulisan persuasif itu sistematis dan logis, kerangka tulisan perlu mendapat perhatian dalam perumusannya. Susunan pembahasan yang tepat untuk paragraf persuasif adalah susunan logis dengan urutan sebab akibat. Dengan pembahasan ini, pembaca langsung dihadapkan pada masalah yang sedang dibahas. download ptk bahasa indonesia sma doc
3) Mengumpulkan bahan untuk karangan persuasif
Bahan dapat diperoleh melalui kegiatan pengamatan, wawancara, penyebaran angket kepada responden ataupun dari pengalamannya sendiri. Pada saat mengumpulkan bahan, kita dapat membuat catatan, baik kutipan langsung maupun kutipan tidak langsung, yang nantinya dapat dijadikan sebagai barang bukti.
4) Menarik kesimpulan dari karangan persuasif
Penarikan kesimpulan dalam suatu karangan persuasif harus kita lakukan dengan benar agar tujuan kita tercapai. Suatu kesimpulan dapat dibuat apabila data yang kita peroleh telah dianalisis. download ptk bahasa indonesia sma terbaru Penarikan kesimpulan dapat dilakukan dengan cara induktif atau deduktif. 5) Penutup karangan persuasif
Pada bagian ini penulis akan memberikan inti dan maksud dari penjabaran fakta-fakta yang ada dalam paragraf tersebut dalam 1-2 kalimat berupa ajakan atau himbauan yang biasanya terletak pada akhir kalimat (induktif).
Berdasarkan langkah-langkah menulis karangan persuasi di atas, dapat disimpulkan bahwa proses menulis sangat dipengaruhi oleh sistematika berpikir sebagai kemampuan kognitif dan imajinasi sebagai kemampuan afektif, sehingga diperlukan media yang merangsang sumber pemikiran dan imajinasi tersebut. Oleh karena itu, peneliti mengemukakan media pembelajaran berupa iklan niaga dari tanyangan iklan televisi yang bertujuan untuk memperluas imajinasi siswa dalam kaitannya dengan proses menulis karangan persuasi. Contoh ptk bahasa indonesia sma pdf
2.3 Media Pembelajaran
Media pembelajaran adalah semua media yang digunakan dalam suatu proses pembelajaran, baik itu yang bersifat nyata maupun yang bersifat abstrak yang berguna untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam proses pembelajaran.
2.3.1 Pengertian Media Pembelajaran
Kata media berasal dari kata medium yang berarti “pengantar” atau “perantara”. contoh bahasa indonesia smk lengkap Media pembelajaran adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan ini sejalan dengan yang dikemukakan oleh Hidayat dan Rahmina (1991: 32) bahwa media pembelajaran adalah alat yang dipergunakan guru dalam proses peyampaian pengajaran kepada siswa untuk membantu, mempermudah dan memperlancar pengajaran sehingga materi dapat dipahami oleh siswa.
Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah segala alat fisik yang digunakan guru untuk membantu, menyajikan pesan, mempermudah, dan memperlancar pengajaran, sehingga materi dapat lebih mudah dipahami oleh siswa dan dapat merangsang siswa untuk belajar. download ptk bahasa indonesia sma doc
2.3.2 Manfaat Media Pembelajaran
Menurut Kemp dan Dayton dalam Arsyad (2002:22) penggunaan media pembelajaran dapat memberikan manfaat sebagai berikut.
1) penyampaian pelajaran menjadi lebih baku. Penelitian Tindak Kelas bahasa indonesia sma pdf Setiap pelajar melihat atau mendengar penyajian melalui media penerima pesan yang sama meskipun para guru menafsirkan isi pelajaran dengan cara yang berbeda;
2) pengajaran bisa lebih menarik. Media diasosiasikan sebagai penarik perhatian dan membuat siswa tetap terjaga dan memperhatikan;
3) pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan diterapkannya teori belajar dan prinsip-prinsip psikologis yang diterima dalam hal partisipasi siswa, umpan balik, dan penguatan; contoh bahasa indonesia sma lengkap
4) lama waktu pengajaran yang diperlukan dapat dipersingkat karena kebanyakan media hanya memerlukan waktu singkat untuk mengantarkan pesan-pesan dan isi pelajaran dalam jumlah yang cukup banyak dan kemungkinannya dapat diserap oleh siswa;
5) kualitas hasil belajar dapat ditingkatkan bilamana integrasi kata dan gambar sebagai media pengajaran dapat mengkomunikasikan elemen¬elemen pengetahuan dengan cara yang terorganisasikan dengan baik, spesifik, dan jelas; Contoh ptk bahasa indonesia sma pdf
6) pengajaran dapat diberikan kapan dan dimana diinginkan atau diperlukan terutama jika media pengajaran dirancang untuk penggunaan secara individu;
7) peran guru dapat berubah kearah yang lebih positif dan beban guru untuk menjelaskan dapat dikurangi bahkan dihilangkan sehingga ia dapat
memusatkan perhatian kepada aspek penting dalam proses belajar¬mengajar.
Menurut Sudjana dan Ahmad Rivai (20 10:2), mengemukakan bahwa manfaat media pembelaj aran adalah sebagai berikut. Download proposal ptk bahasa indonesia sma
1) pengajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar;
2) bahan pengajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami oleh para siswa, dan memungkinkan para siswa menguasai tujuan pembelajaran lebih baik;
3) metode pengajaran lebih bervariasi, tidak semata-mata komunikasi verbal melalui penuturan kata-kata guru sehingga siswa tidak bosan dan guru tidak kehabisan tenaga; Penelitian Tindak Kelas bahasa indonesia sma pdf
4) siswa akan lebih banyak melakukan kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengarkan uraian guru, tetapi juga aktivitas lain seperti mengamati, melakukan, mendemonstrasikan dan lain-lain; Download PTK Lengkap bahasa indonesia sma kurikulum 2013
5) siswa akan lebih banyak melakukan kegiatan belajar sebab tidak hanya mendengarkan uraian guru, tetapi juga aktivitas lain selain mengamati, melakukan, mendemonstrasikan, dan lain-lain.
Dengan demikian, menurut Arsyad (2002: 26) manfaat praktis media pengajaran adalah sebagai berikut:
1) Memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat memperlancar dan meningkatkan proses dan hasil belajar. Download proposal ptk bahasa indonesia sma
2) Meningkatkan dan mengarahkan perhatian anak sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar, interaksi yang lebih langsung antara siswa dengan lingkungan dan kemungkinan siswa untuk belajar sendiri-sendiri sesuai dengan kemampuan dan minatnya.
3) Membatasi keterbatasan indera, ruang, dan waktu.
a. objek yang terlalu besar untuk ditampilkan langsung di kelas dapat diganti dengan gambar, foto, slide, realita, film, radio, atau model;
b. objek yang terlalu kecil yang tidak tampak oleh indera dapat disajikan dengan bantuan mikroskop, film, gambar; download ptk bahasa indonesia sma doc
c. kejadian langka yang terjadi pada masa lalu/terjadi dalam puluhan tahun dapat ditampilkan melalui rekaman video, film, foto slide;
d. objek atau proses yang amat rumit seperti peredaran darah dapat ditampilkan secara kongkret melalui film, gambar, slide, atau simulasi komputer;
e. kejadian yang membahayakan dapat disimulasikan dengan media seperti komputer, film, dan video.
4) Memberikan kesamaan pengalaman kepada siswa tentang peristiwa 
peristiwa di lingkungan mereka, serta memungkinkan interaksi langsung dengan guru, masyarakat, dan lingkungan. Download proposal ptk bahasa indonesia sma
Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa peranan media dalam pembelajaran dapat ditempatkan sebagai alat untuk memperjelas bahan pengajaran pada saat guru menyampaikan pelajaran, alat untuk mengangkat atau menimbulkan persoalan untuk dikaji lebih lanjut dan dipecahkan oleh siswa, dan sumber belajar bagi siswa, artinya media tersebut berisikan bahan-bahan yang harus dipelajari oleh siswa.
2.3.3 Jenis dan Kriteria dalam Memilih Media Pembelajaran
Berbagai cara dapat dilakukan untuk mengklasifikasikan dan mengidentifikasi media. Rudy Bretz (1990: 20) melihat media dari tiga unsur pokok yaitu suara, visual, dan gerak. Download Proposal bahasa indonesia sma doc
Sudjana (2010: 3) mengemukakan bahwa ada beberapa jenis media yang biasa digunakan dalam proses belajar mengajar di antaranya:
a. Media grafis seperti gambar, foto, grafik, bagan, poster, kartun, komik, dan lain-lain. contoh bahasa indonesia smk lengkap
b. Media tiga dimensi seperti model padat, model nampang, model susun, diorama, dan lain-lain.
c. Media proyeksi seperti slide, film strip, OHP, dan lain-lain.
d. Penggunaan lingkungan dan alam sekitar sebagai media pengajaran.
Sementara itu, Gerlach membagi media menjadi lima, yaitu:
a. Benda-benda asli dan manusia (real materials and people).
b. Gambar-gambar dan gambar yang disorotkan (visuals and peojection).
c. Benda-benda yang didengar (audio materials). Download Proposal bahasa indonesia sma doc
d. Benda-benda cetakan (printed materials).
e. Benda-benda yang dipamerkan (display materials).
Beragam media yang dipaparkan di atas masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Artinya tidak ada satu media yang dapat digunakan dalam semua situasi dan kondisi. Oleh karena itu, perlu dipahami karakteristiknya, sehingga dapat dipilih media yang tepat untuk mengajarkan materi tertentu
Dalam memilih media untuk kepentingan pembelajaran sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut. download ptk bahasa indonesia sma terbaru
a. Memahami karakteristik setiap media.
b. Sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai.
c. Sesuai dengan metode pengajaran yang kita gunakan.
d. Sesuai dengan materi yang kita komunikasikan.
e. Sesuai dengan keadaan siswa.
f. Sesuai dengan situasi dan kondisi lingkungan.
Sementara itu, Sudjana (2010: 4) mengemukakan bahwa suatu media harus memiliki: Contoh ptk bahasa indonesia sma pdf
a. ketepatan dengan tujuan pembelajaran, artinya media pengajaran dipilih atas dasar tujuan-tujuan instruksional yang telah ditetapkan. Tujuan-tujuan instruksional yang berisikan unsur pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis lebih memungkinkan digunakannya media pengajaran; Download Proposal bahasa indonesia sma doc
b. dukungan terhadap isi bahan pelajaran, artinya bahan pelajaran yang sifatnya fakta, prinsip, konsep, dan generalisasi sangat memerlukan bantuan media;
c. kemudahan memperoleh media, artinya media yang diperlukan mudah diperoleh setidak-tidaknya mudah dibuat oleh guru pada waktu mengajar;
d. keterampilan guru dalam menggunakannya;
e. tersedianya waktu untuk menggunakannya sehingga media tersebut dapat bermanfaat bagi siswa; dan
f. sesuai dengan taraf berpikir siswa; memilih media untuk pendidikan dan pengajaran harus sesuai denga taraf berpikir siswa sehingga makna yang terkandung di dalamnya dapat dipahami oleh siswa. Download PTK Lengkap bahasa indonesia sma kurikulum 2013
2.4 Iklan
Iklan sesungguhnya berbeda dengan pengumuman biasa. Pengumuman biasa bersifat informatif, sedangkan iklan lebih diarahkan untuk membujuk seseorang atau sekelompok orang agar membeli barang atau jasa yang dikomunikasikan. download ptk bahasa indonesia sma doc Iklan membutuhkan suatu alat untuk menyampaikan pesannya tersebut, salah satunya adalah dengan bahasa. Bahasa yang digunakan dalam iklan disebut bahasa iklan.
2.4.1 Pengertian Iklan
Iklan merupakan bagian dari reklame yang berasal dari bahasa Prancis reclamare yang berarti “meneriakkan berulang-ulang”.
Menurut Kustadi Suhandang (2010:13), iklan atau advertising adalah suatu proses komunikasi massa yang melibatkan sponsor tertentu, yakni si pemasang iklan (pengiklan), yang membayar jasa sebuah media massa atas penyiaran iklannya, misalnya, melalui program siaran televisi . contoh bahasa indonesia smk lengkap
Menurut Sudiana (1986:1) iklan adalah salah satu bentuk komunikasi yang terdiri atas informasi dan gagasan tentang suatu produk yang ditujukan kepada khalayak ramai secara serempak agar memperoleh sambutan yang baik. Iklan berusaha untuk memberikan informasi, membujuk, dan meyakinkan. Contoh ptk bahasa indonesia sma pdf
Damardi dkk, (2003:1) mengemukakan bahwa iklan adalah semua bentuk aktivitas untuk mengahadirkan dan mempromosikan ide, barang, atau jasa secara nonpersonal yang dibayar oleh sponsor tertentu.
Iklan adalah setiap bentuk komunikasi yang dimaksudkan untuk memotivasi dan mempromosikan produk atau jasa kepada seseorang atau pembeli potensial, mempengaruhi dan memenangkan pendapat publik untuk berpikir dan bertindak sesuai dengan keinginan si pemasang iklan (Agustrijanto, 2001:7). Selain itu, Agustrijanto (2001:7) berpendapat bahwa iklan merupakan sebuah tanggung jawab dalam proses penjualan dan pemasaran. download ptk bahasa indonesia sma terbaru Bentuknya bisa berupa tulisan, gambar, film, atau gabungan unsur-unsur tersebut.
Dalam KBBI (2003:42 1) yang dimaksud dengan iklan adalah (1) berita pesanan (untuk mendorong, membujuk) kepada khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan; (2) pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di media massa (seperti surat kabar dan majalah) atau tempat-tempat umum. download ptk bahasa indonesia sma doc
Berdasarkan definisi-definisi di atas mengenai iklan dapat penulis simpulkan, bahwa pada dasarnya pengertian iklan adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengkomunikasikan produk barang atau jasa, melalui media massa sebagai penyampai pesan yang bertujuan untuk mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.
2.4.2 Fungsi iklan
Pesan-pesan dalam iklan mengandung banyak fungsi. Fungsi-fungsi iklan tersebut peneliti kutif dari beberapa pendapat. Download PTK Lengkap bahasa indonesia sma kurikulum 2013
Menurut Swastha dalam Romdoni (2003:2 1) periklanan itu berfungsi sebagai berikut.
1) Memberikan informasi
periklanan dapat menambah nilai pada suatu barang dengan memberikan informasi kepada konsumen;
2) Membujuk/mempengaruhi
periklanan bersifat membujuk terutama kepada pembeli potensial dengan menyatakan bahwa produk yang diproduksikannya lebih baik dari produk lain;
3) Memuaskan keinginan Contoh ptk bahasa indonesia sma pdf
periklanan merupakan suatu alat yang dipakai untuk mencari tujuan itu sendiri berupa pertukaran yang saling memuaskan;
4) Alat komunikasi
periklanan adalah suatu alat untuk membuka komunikasi dua arah anatara penjual dan pembeli sehingga mereka dapat bertemu dengan cara efektif dan efisien. ptk bahasa indonesia sma pdf
Iklan juga dapat berfungsi memperluas alternatif bagi konsumen, membantu produsen menimbulkan kepercayaan bagi konsumennya, dan iklan membuat orang kenal, ingat, dan percaya (Agustrijanto, 2001:11).
Menurut Liliweri dalam Sudrajat (1997: 19) iklan berfungsi informatif dan penerangan, pendidikan, menghibur, mempengaruhi sikap, sosial, dan lain-lain.
Berdasarkan kesimpulan di atas, dapat disimpulkan bahwa fungsi iklan adalah suatu alat atau media komunikasi untuk menginformasikan suatu barang atau jasa, sehingga konsumen atau khalayak mengenal barang tersebut dan menimbulkan kepercayaan untuk menggunakannya.
2.4.3 Tujuan Iklan
Tujuan iklan menurut Jeffkins (1996:17) adalah sebagai berikut:
1) mengubah atau mempengaruhi sikap-sikap khalayak;
2) membujuk khalayak untuk membeli sebuah produk, misalnya produk A, dan bukan produk B, atau memproduksikan kelanjutan perilaku membeli produk A untuk seterusnya. download ptk bahasa indonesia sma
Tujuan iklan menurut Liliweri dalam Suketi (2004:20) adalah sebagai berikut.
1) iklan tentang produk bertujuan untuk memperkenalkan suatu produk tertentu yang benar-benar dihasilkan;
2) Iklan komersil bertujuan untuk mengomersilkan barang-barang daganganya pada konsumen;
3) Iklan berdampak langsung untuk mempengaruhi khalayak dengan satu tindakan yang segera. Jadi, seseorang yang melihat atau mendengarkannya langsung bereaksi dengan cepat.
Berdasarkan peryataan di atas, penulis menyimpulkan bahwa tujuan iklan yaitu untuk menawarkan atau mengomersilkan suatu barang kepada khalayak dengan cara membujuk atau mempengaruhi, sehingga khalayak dapat terpengaruh untuk menggunakan barang tersebut. ptk bahasa indonesia smk lengkap
2.4.4 Pembagian Iklan Secara Khusus Berdasarkan Tujuan
Wiyatama (2009:102) mengemukakan pembagian iklan secara khusus berdasarkan tujuannya yaitu iklan komersial dan iklan layanan masyarakat, sebagai berikut.
2.4.4.1 Iklan Komersial
Iklan komersial sering juga disebut iklan bisnis. Tujuannya mendapatkan keuntungan ekonomi dan utamanya meningkatkan penjualan. Produk yang ditawarkan dalam iklan ini sangat beragam, baik barang, jasa, ide, keanggotaan organisasi, dan lain-lain. Contoh ptk bahasa indonesia sma pdf
Wiyatama (2009:103) membagi dalam tiga jenis iklan yang termasuk dalam iklan komersial, yaitu iklan untuk konsumen, untuk bisnis dan iklan untuk professional. Perbedaan yang esensial antara ketiganya adalah pada khalayak sasaran yang dituju. Namun semua iklan tersebut tetap dimaksudkan untuk mendapatkan keuntungan komersial.
1) iklan konsumen dimaksudkan untuk mendapatkan keuntungan bisnis dimana pesan iklan ditujukan kepada konsumen akhir, yaitu pengguna terakhir suatu produk. Misalnya ibu rumah tangga adalah pengguna akhir produk sabun cuci, minyak goreng, mentega, pasta gigi, dan sebagainya; Download proposal ptk bahasa indonesia sma
2) iklan bisnis adalah iklan yang disampaikan dengan maksud mendapatkan keuntungan ekonomi dimana sasaran pesan yang dituju adalah untuk seseorang atau lembaga yang akan mengolah atau menjual produk yang diiklankan tersebut kepada konsumen akhir. Toko yang akan menjual kembali barang-barang yang dibelinya adalah contoh pelaku bisnis;
3) iklan profesional adalah iklan yang dimaksudkan untuk mendapatkan keuntungan bisnis dimana khalayak sasaran iklan adalah segmen khusus yaitu para profesional. Kaum profesional adalah kelompok orang yang memiliki pekerjaan spesifik, ia dibayar karena keterampilan dan keahlian spesifiknya tersebut. Misalnya dokter, guru, manager, pilot, pelaut, dan sebagainya yang bekerja secara profesional. Download Proposal bahasa indonesia sma doc
2.4.4.2 Iklan Layanan Masyarakat
Wiyatama (2009:104) mengutarakan bahwa iklan layanan masyarakat adalah iklan yang digunakan untuk menyampaikan informasi, mempersuasi atau mendidik khalayak dimana tujuan akhir bukan untuk mendapat keuntungan ekonomi, melainkan keuntungan sosial. Keuntungan sosial yang dimaksud adalah munculnya penambahan pengetahuan, kesadaran sikap dan perubahan perilaku masyarakat terhadap masalah yang diiklankan, serta mendapatkan citra baik di mata masyarakat.
Bertambahnya pengetahuan, dimilkinya kesadaran sikap dan perubahan perilaku masyarakat sangat penting bagi kualitas kehidupan masyarakat itu sendiri. Download PTK Lengkap bahasa indonesia sma kurikulum 2013 Sebab masyarakat akan terbangun dan digiring pada situasi ke arah keadaan yang baik bahkan lebih baik.
2.4.5 Penggunaan Media Iklan Niaga dalam Menulis Karangan Persuasi
Salah satu prinsip belajar menyatakan bahwa makin banyak media bantu pembelajaran dimanfaatkan secara tepat dalam pembelajaran, makin besar daya serap siswa terhadap materi yang dipelajarinya. Dengan demikian, dalam pembelajaran guru harus menggunakan berbagai media belajar dan memanfaatkannya secara tepat. Memanfaatkan media pembelajaran secara tepat artinya dapat memilih alat yang cocok dengan materi yang dibahas dan mendemonstrasikan media tersebut pada saat yang tepat, sehingga dapat berfungsi memperjelas informasi/konsep yang sedang dibicarakan.
Dalam pembelajaran menulis karangan persuasi ini peneliti menggunakan media iklan niaga dari tayangan televisi sebagai media pembelajaran. download ptk bahasa indonesia sma doc Media iklan niaga digunakan sebagai alat bantu untuk menarik perhatian siswa, memperjelas sajian pelajaran, dan mengilustrasikan suatu konsep yang tidak bisa dilakukan jika hanya melalui penjelasan verbal. Melaui media iklan niaga, siswa mulai berpikir apa yang akan ia tulis dalam karangannya berkaitan dengan tema yang diilustrasikan dalam iklan niaga tersebut.
Adapun langkah-langkah penggunaan media iklan niaga dalam menulis karangan persuasif adalah sebagai berikut.
1) Siswa diperlihatkan video iklan niaga dari tayangan televisi di depan kelas.
2) Siswa menemukan tema yang tersirat dalam tayangan iklan niaga tersebut.
3) Siswa membuat kerangka karangan persuasif.
4) Siswa memulai menulis karangan persuasif sesuai dengan kerangka karangan yang telah dibuat.


CONTOH LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) BAHASA INDONESIA SMA LENGKAP


BAB 3
METODOLOGI PENELITIAN



3.1 Desain Penelitian
Penelitian mengenai pembelajaran menulis karangan persuasi dengan menggunakan media iklan niaga dilakukan dengan cara menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom action research). PTK merupakan kajian sistematik dari upaya perbaikan pelaksanaan praktik pendidikan oleh sekelompok guru dengan melakukan tindakan-tindakan dalam pembelajaran berdasarkan refleksi mereka mengenai hasil dari tindakan-tindakan tersebut (Ebbut, 1985). Download Proposal bahasa indonesia sma doc. Penelitian ini berusaha mengkaji dan merefleksi suatu pendekatan pembelajaran dengan tujuan meningkatkan proses dan produk pengajaran di kelas. Proses pembelajaran ini tidak lepas dari adanya interaksi antara guru dan siswa, siswa dan guru, siswa dan siswa, materi dan sumber belajar yang digunakan sehingga dalam penelitian ini yang diteliti adalah proses dan hasil belajar siswa.
Peneliti memilih metode ini didasari oleh keinginan peneliti untuk mengadakan perbaikan dan peningkatan kemampuan siswa dalam menulis. PTK sangat bermanfaat bagi guru untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran di kelas. contoh bahasa indonesia smk lengkap Beberapa alasan PTK menjadi salah satu pendekatan dalam perbaikan atau meningkatkan mutu pembelajaran adalah:
1) menggarap masalah-masalah faktual yang dihadapi guru dalam pembelajaran;
2) dapat segera dilaksanakan pada saat muncul kebutuhan;
3) guru tidak perlu meninggalkan tugas utamanya, yakni mengajar;
4) bertujuan memperbaiki dan meningkatkan kualitas praktek instruksional;
5) dilaksanakan dalam rangkaian langkah dengan beberapa siklus. Adapun karakteristik metode PTK yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. ptk bahasa indonesia sma doc
1) Hal yang diteliti merupakan permasalahan yang muncul disebuah kelas dan berkaitan dengan pembelajaran.
2) Tujuan penelitian ini adalah memecahkan masalah dalam meningkatkan kemampuan siswa.
3) Penelitian ini bersifat kolaboratif sehingga penulis dapat bekerja sama dengan pihak-pihak yang terlibat.
4) Pelaksanaannya fleksibel yang memungkinkan perubahan tindakan sesuai dengan respon siswa dalam proses pembelajaran.
5) Proses penelitian dilaksanakan secara kontinu yang berarti berkelanjutan sampai kemampuan siswa sesuai dengan yang diharapan.
6) Tahapan pada proses pembelajaran dilakukan secara bertahap sesuai dengan struktur yang telah dilakukan yaitu perencanaan, observasi dan evaluasi.
Proses penelitian tindakan kelas ini terdiri atas 3 tahap, yaitu: 1. perencanaan, 2. tindakan yang diikuti pengamatan dan 3. Download proposal ptk bahasa indonesia sma. Refleksi. Ketiga tahap tersebut merupakan satu siklus sehingga setiap tahap akan berulang kembali. Hasil dari refleksi menjadi masukan pada perencanaan untuk siklus berikutnya. download ptk bahasa indonesia sma doc Untuk lebih jelasnya alur penelitian tindakan kelas ini dapat dilihat pada bagan berikut. 
Bagan 3.1
Bagan Proses Penelitian Tindakan Kelas

Sumber: Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT
Penjelasan:
1) Perencanaan
Tahapan perencanaan disusun berdasarkan hasil studi pendahuluan, pada siklus I perencanaan disusun berdasarkan hasil observasi awal, perencanaan siklus II disusun berdasarkan refleksi siklus I, dan begitu seterusnya sampai tujuan dari penelitian tercapai dengan hasil yang memuaskan. Pada tahap perencanaan diputuskan apa yang akan menjadi fokus pembelajaran, teknik, dan evaluasi seperti apa juga yang akan digunakan. contoh bahasa indonesia smk lengkap
2) Pelaksanaan
Tahap pelaksanaan adalah tahap berlangsungnya kegiatan pembelajaran yang sudah disiapkan pada tahap perencanaan.
3) Pengamatan
Pada tahap ini, guru dan observer mengisi format observasi dan mencatat semua kegiatan dan peristiwa yang terjadi saat proses pembelajaran berlangsung.
4) Refleksi
Pada tahapan ini refleksi peneliti melakukan identifikasi untuk memperbaiki pembelajaran pada tindakan siklus selanjutnya. Hasil refleksi menjadi acuan untuk melaksanakan siklus berikutnya. download ptk bahasa indonesia sma doc
3.2 Subjek Penelitian
Penelitian dilaksanakan di SMA......................., dengan subjek penelitian siswa kelas XI............ Kelas tersebut dipilih berdasarkan hasil survei pendahuluan dari 3 kelas sample yang peneliti ajar dengan melakukan wawancara mengenai permasalahan yang muncul tentang mengarang persuasi terhadap perwakilan 5 orang siswa setiap kelas. Hasil survei pendahuluan tersebut, mengungkapkan tentang permasalahan awal yang muncul dari 3 kelas di atas adalah mengenai pengembangan imajinasi untuk menulis paragraf persuasif. Siswa kelas XI............. lebih banyak mengemukakan permasalahan tersebut sehingga peneliti melakukan penelitian di kelas tersebut. download ptk bahasa indonesia sma
3.3 Prosedur Penelitian
Prosedur yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri dari studi pendahuluan, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, dan evaluasi. Berikut merupakan penjelasan selengkapnya.
3.3.1 Studi Pendahuluan
Studi pendahuluan dalam penelitian ini, dilakukan pada kegiatan awal yang bertujuan untuk mengungkapkan permasalahan penting yang perlu dipecahkan, berkaitan dengan pembelajaran menulis, terutama menulis karangan persuasi. Peneliti melakukan pengamatan pendahuluan untuk mengenali dan mengetahui kondisi awal yang akan dijadikan sebagai bahan untuk merencanakan tindakan.
Wawancara dengan guru Bahasa dan Sastra Indonesia kelas XI..........., dilakukan untuk mengetahui mengenai pembelajaran menulis karangan persuasi kelas XI................ hal tersebut, merupakan tindakan awal sebagai wujud studi pendahuluan yang dilakukan peneliti. Contoh ptk bahasa indonesia sma pdf Hasil dari penelitian awal menunjukan bahwa guru belum pernah menggunakan media pembelajaran iklan niaga dari tayangan televisi, dalam pembelajaran menulis karangan persuasi pada siswa kelas XI.............
Penelitian yang diajukan oleh peneliti adalah mengenai pembelajaran menulis karangan persuasi dengan media iklan niaga dari tayangan televisi. Download PTK Lengkap bahasa indonesia sma kurikulum 2013 Penelitian ini disambut dengan baik oleh guru yang bersangkutan sebagai salah satu alternatif pemecahan masalah untuk meningkatkan motivasi dan memperluas daya imajinasi siswa dalam menulis karangan persuasi.
3.3.2 Perencanaan Tindakan
Perencanan tindakan dalam penelitian ini, dimaksudkan untuk mengintegrasikan antara kemampuan siswa dalam mengarang persuasi dengan media pembelajaran berupa iklan niaga dari tayangan televisi, sebagai media yang digunakan untuk memperluas inspirasi dan imajinasi siswa. Contoh ptk bahasa indonesia sma pdf Dalam sebuah rencana pelaksanaan pembelajaran.
3.3.3 Pelaksanaan Tindakan
Pelaksanaan tindakan pada penelitian ini, dilakukan oleh peneliti sebagai perancang rencana pembelajaran, sekaligus sebagai praktisi. Praktisi dalam pelaksanaan tindakan bertugas melaksanakan rencana tindakan pembelajaran menulis karangan persuasi dengan menggunakan media iklan niaga dari tayangan televisi.
Peran peneliti dalam pelaksanaan tindakan adalah merancang intervensi pembelajaran yang terkait dengan pelaksanaan pembelajaran menulis karangan persuasi, menggunakan media iklan niaga dari tayangan televisi dengan cara mendiskusikan, menegosiasikan, dan mengomunikasikan tindakan yang akan dilakukan sehingga diperoleh kesepakatan antara peneliti dan guru. Download PTK Lengkap bahasa indonesia sma kurikulum 2013
Kegiatan di atas, dilakukan sebelum pelaksanaan di dalam kelas, agar peneliti sebagai praktisi memahami rancangan yang telah disusun dan menguasai peran yang harus dilakukannya, selama mengaplikasikan rancangan yang telah disusun.
3.3.4 Observasi
Observasi dilakukan selama proses penelitian tindakan yang dilaksanakan mulai dari siklus pertama hingga siklus selanjutnya. Observasi ini diharapkan, dapat mengenali gejala-gejala yang ada di kelas, baik yang bersifat mendukung maupun yang bersifat menghambat efektifitas tindakan sehingga modifikasi rancangan tindakan dapat dilakukan secepatnya. download ptk bahasa indonesia sma doc Observasi ini, dilakukan secara berkelanjutan sehingga dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Observasi terhadap pelaksanaan tindakan ini menggunakan instrumen pengumpulan data, berupa pedoman observasi guru dan siswa, pedoman jurnal siswa, dan lembar tes kemampuan. Hasil dari pengamatan kemudian didiskusikan bersama guru sehingga menghasilkan refleksi yang berpengaruh pada perencanaan siklus selanjutnya.
3.3.5 Refleksi
Refleksi merupakan bagian yang sangat penting untuk memahami, memaknai proses, dan hasil perubahan yang terjadi sebagai akibat adanya tindakan. ptk bahasa indonesia smk lengkap Refleksi dilakukan setelah peneliti mengidentifikasi data yang diperoleh dari hasil observasi para observer dan catatan lapangan selama pembelajaran berlangsung.
Refleksi dilakukan pada tiap siklus. Refleksi ini dilakukan untuk memperoleh data sebagai bahan perbaikan ataupun mengubah perencanaan pada siklus berikutnya.
3.4 Pengumpulan Data
Pengumpulan data, berisi hal-hal yang bersifat teknis untuk mengambil dan menelaah data. Adapun jenis pengumpulan data tersebut adalah sebagai berikut:
3.4.1 Wawancara
Wawancara dilaksanakan satu kali, yaitu pada saat studi pendahuluan dengan mewawancarai guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. ptk bahasa indonesia sma pdf Hal yang ditanyakan pada guru berkisar pada metode dan media apa saja yang pernah digunakan dalam pembelajaran menulis khususnya menulis karangan persuasi.
3.4.2 Observasi
Observasi dilaksanakan untuk mengetahui segala peristiwa dan kegiatan yang terjadi selama dalam proses tindakan dan perbaikan. contoh bahasa indonesia smk lengkap Observasi dilakukan terutama untuk mengamati proses dan dampak pembelajaran yang dilakukan, terutama untuk mengamati proses dan dampak pembelajaran yang diperlukan untuk dapat menyusun langkah-langkah perbaikan sehingga menjadi lebih efektif dan efesien.
Jenis penelitian observasi yang dilakukan peneliti adalah observasi partisipan, yaitu observasi yang melibatkan orang lain (Arikunto, 2009: 95), observasi ini dilakukan dengan mengamati prilaku siswa dan guru secara langsung dengan tujuan untuk memperoleh gambaran mengenai aktivitas siswa, aktivitas guru dan tujuan pembelajaran, selama berlangsungnya pembelajaran menulis karangan persuasi di kelas.

3.4.3 Jurnal siswa
Jurnal siswa, diberikan kepada siswa dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan kemampuan pengembangan imajinasi siswa, dalam menulis karangan persuasi. Penelitian Tindak Kelas bahasa indonesia sma pdf Data tersebut digunakan dalam upaya perbaikan dan pembelajaran berikutnya.
3.4.4 Tes
Berupa lembar tes kemampuan mengarang siswa yang digunakan untuk melihat sejauh mana peningkatan kemampuan siswa dalam mengarang. 

3.5 Instrumen Penelitian
Instrumen penelitian adalah alat bantu yang dipilih dan digunakan oleh peneliti dalam kegiatan mengumpulkan data agar kegiatan tesebut menjadi sistematis dan dipermudah (Arikunto, 2000: 134). ptk bahasa indonesia sma pdf Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan beberapa instrumen yaitu pedoman wawancara, pedoman observasi (aktivitas guru dan siswa), jurnal siswa, catatan lapangan dan lembar tes kemampuan.
3.5.1 Pedoman Wawancara
Wawancara dilakukan terhadap guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan terhadap siswa kelas XI ................ yang beliau ajar. Wawancara ini dilakukan pada tahap studi pendahuluan untuk memperoleh data mengenai kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran menulis karangan persuasi, baik oleh guru dalam mengajar maupun oleh siswa dalam belajar. contoh ptk bahasa indonesia smk lengkap.
Isi wawancara terhadap guru berkaitan dengan kegiatan pembelajaran menulis karangan persuasi yang telah dilakukan, dan media apa saja yang pernah digunakan dalam pembelajaran.
Isi wawancara terhadap siswa di antaranya mengenai media apa yang pernah digunakan, dalam pembelajaran mengarang persuasi serta permasalahan apa yang muncul dengan penggunaan media pembelajaran tersebut. Download Proposal bahasa indonesia sma doc
3.5.2 Pedoman Observasi
Pedoman observasi adalah instrumen penelitian yang mengungkapkan mengenai kompetensi guru dan siswa dalam proses pembelajaran, untuk dijadikan sebagai tolak ukur dalam penilaian penelitian tindakan kelas. 
3.5.2.1 Observasi Aktivitas Guru
Observasi aktivitas guru merupakan alat pengamatan yang digunakan untuk melihat aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran berlangsung. Observasi ini digunakan sebagai bahan refleksi pembelajaran berikutnya. download ptk bahasa indonesia sma
3.5.2.2 Observasi Aktivitas Siswa
Observasi aktivitas siswa ini digunakan untuk mengetahui dan memantau respons atau reaksi siswa dalam pembelajaran menulis karangan persuasif yang dilakukan siswa dengan menggunakan media iklan niaga. Download Proposal bahasa indonesia sma doc Observasi meliputi minat, perhatian, partisipasi, dan kegiatan lain yang dilakukan siswa selama KBM (kegiatan belajar mengajar) berlangsung. Kemudian observasi aktivitas siswa tersebut digunakan sebagai bahan refleksi terhadap pembelajaran.
3.5.3 Pedoman Jurnal Siswa
Jurnal ini diberikan kepada siswa dengan tujuan untuk mengetahui respons serta gambaran siswa setelah proses pembelajaran, kemudian data tersebut digunakan dalam upaya perbaikan pembelajaran berikutnya. Download proposal ptk bahasa indonesia sma
3.5.4 Catatan Lapangan
Catatan lapangan adalah catatan yang dibuat oleh mitra peneliti yang melakukan pengamatan atau observasi terhadap subjek atau objek penelitian tindakan kelas. Catatan lapangan dimaksudkan untuk mengungkapkan temuan¬temuan selama proses pembelajaran berlangsung sebagai bahan refleksi untuk tindakan selanjutnya.
3.5.5 Lembar Tes Kemampuan
Lembar tes kemampuan berisi hasil karangan siswa pada setiap siklus. Dalam hasil karangan siswa tersebut, diperoleh data keterampilan siswa dalam menulis karangan persuasi.
3.6 Pengolahan Data
Pengolahan data dimulai dengan menganalisis seluruh data yang didapat dari berbagai sumber, yaitu wawancara (siswa dan guru), lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa, jurnal siswa, dan hasil karya siswa (berupa karangan persuasi). Download Proposal bahasa indonesia sma doc
3.6.1 Kategorisasi Data
Kategorisasi data adalah proses mengkategorikan seluruh data yang diperoleh berdasarkan fokus penelitian. Data yang diperoleh dari catatan lapangan, terdiri atas hasil wawancara, jurnal siswa, dan lembar pengamatan guru dan siswa. Data tersebut disederhanakan menjadi beberapa kategori yang telah ditentukan. Download proposal ptk bahasa indonesia sma Begitupun dengan data yang diperoleh dari hasil tes kemampuan siswa, seluruh data dianalisis kemudian dikelompokan menjadi beberapa kelompok berdasarkan kriteria atau kategori yang telah disusun.

3.6.2 Interpretasi Data
Pada tahap interpretasi data ini, peneliti melakukan beberapa langkah kegiatan. Langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut.
a. Mendeskripsikan rencana pelaksanaan tindakan (refleksi awal). Hal¬hal yang dideskripsikan adalah sebagai berikut. Contoh ptk bahasa indonesia sma pdf
1) Mengidentifikasi permasalahan yang menyangkut bahan ajar, metode, media, aktivitas guru dan siswa, evaluasi, dan minat siswa terhadap pembelajaran menulis karangan persuasi dengan menggunakan media iklan niaga.
2) Menyusun komponen pembelajaran meliputi pengembangan bahan ajar, metode, dan evaluasi pembelajaran.
b. Mendeskripsikan pelaksanaan tindakan siklus
1) Memberikan gambaran secara umum pembelajaran mulai dari awal sampai akhir pembelajaran. Download Proposal bahasa indonesia sma doc
2) Mengidentifikasi temuan-temuan dari setiap siklus.
c. Menganalisis data dari hasil penelitian
1) Menganalisis hasil pengamatan aktivitas guru.
Lembar observasi aktivitas guru berfungsi untuk mengamati dan mengevaluasi keterampilan guru dalam menyampaikan materi dan mengendalikan kelas selama proses belajar mengajar berlangsung. Adapun formatnya sebagai berikut.

Keterangan:
4 = Sangat baik
3 = Baik
2 = Cukup 1 = Kurang
>80%       = Sangat Baik (A)
60% - 79,99% = Baik (B)
40% - 59,99% = Cukup (C)
20% - 39,99% = Kurang (D)
00% - 19,99% = Sangat Kurang (E)
(Natsir, 1997:23)

Data hasil pengamatan aktivitas guru, dianalisis berdasarkan pencapaian skala penilaian setiap aspek yang diberikan kedua observer. Download PTK Lengkap bahasa indonesia sma kurikulum 2013 Hasil analisis ini dijadikan sebagai refleksi untuk perencanaan tindakan selanjutnya.
Nilai aspek = NA1+NA2
2 Keterangan:
01 = Penilaian yang diberikan oleh observer pertama untuk setiap kategori pengamatan.
02 = Penilaian yang diberikan oleh observer kedua untuk setiap kategori pengamatan.
2) Menganalisis hasil pengamatan aktivitas siswa. download ptk bahasa indonesia sma terbaru
Lembar observasi siswa adalah lembar pengamatan yang digunakan untuk mengamati aktivitas siswa selama proses belajar mengajar berlangsung. Hal yang harus diamati terhadap aktivitas siswa selama proses belajar, yaitu:
a. aktivitas siswa dalam mengikuti pelajaran;
b. keseriusan siswa yang tidak sesuai;
c. keseriusan siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru. Adapun lembar observasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. Penelitian Tindak Kelas bahasa indonesia sma pdf


Tabel 3.2
Format Observasi Aktivitas Siswa

Keterangan kategori penilaian aktivitas siswa sesuai dengan PBM
>80% = Sangat Baik (A)
60% - 79,99% = Baik (B) 
40% - 59,99%     = Cukup (C)
20% - 39,99% = Kurang (D)
00% - 19,99% = Sangat Kurang (E)
(Natsir, 1997:23)
Keterangan kategori penilaian aktivitas siswa yang tidak sesuai denga PBM Penelitian Tindak Kelas bahasa indonesia sma pdf
00% - 19,99% = Sangat Baik (A)
20% - 39,99% = Baik (B)
40% - 59,99% = Cukup (C)
60% - 79,99% = Kurang (D)
>80% = Sangat Kurang (E)

(Natsir, 1997:23)
3) Menganalisis karya siswa berupa karangan persuasi
Menganalisis tulisan karangan siswa dari setiap tindakan untuk mengetahui keberhasilan penelitian yang telah dilakukan. Untuk mengukur daya serap siswa, setiap karangan dikategorikan berdasarkan sistem PAP skala lima (Penilaian Acuan Patokan) yang diadaptasi dari Suherman, hal tersebut bertujuan untuk mengukur daya serap siswa (Nurhayati, 2009: 31). Berikut sistem PAP skala lima. contoh ptk bahasa indonesia smk lengkap
Sistem PAP skala lima

4) Menganalisis hasil jurnal siswa
Menganalisis jurnal siswa dengan mengelompokkan pendapat siswa ke dalam kelompok pendapat atau komentar positif, negatif, dan biasa. Kemudian mencari persentase jenis komentar untuk setiap tindakan dengan rumus berikut:
Persentase jenis komentar tiap siklus = Frekuensi komentar x 100
Jumlah siswa
Persentase rata-rata jenis komentar = PKS1 + PKS2 + PKS3 x 100% 3
Keterangan : PKS 1 adalah persentase komentar pada siklus ke- 1
PKS2 adalah persentase komentar pada siklus ke-2
PKS3 adalah persentase komentar pada siklus ke-3


CONTOH PROPOSAL PTK BAHASA INDONESIA SMA

DAFTAR PUSTAKA


Agustrijanto. (2001). Copywriting: Seni Mengasah Kreativitas dan Memahami Bahasa Iklan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Akhadiah, Sabarti. (1998). Pembinaan Kemampuan Menulis bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Akhadiah, Sabarti. (1992). Pembinaan Kemampuan Menulis bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Pustaka.
Arsyad, Azhar. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Garafindo Persada.
AR, Syamsudin dan Vismaia, S.D. (2006). Metode Penelitian Pendidikan bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). KBBI. Jakarta : Balai Pustaka.
Djuhaeri dan Suherli. (2002). Paduan Membuat Karya Tulis. Bandung: Yrama Widya.
Durianto, Darmadi, dkk. (2003). Invasi Pasar dengan Iklan yang Efektif. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Finoza, Lamuddin. (2000). Komposisi Bahasa Idonesia Untuk Mahasiswa Non Jurusan Bahasa. Jakarta: Mawar Gempita.
Hernowo. (2002). Quantum Writing: Cara Cepat dan Bermanfaat untuk Merangsang Munculnya Potensi Menulis. Bandung: MLC.
Muslich, Masnur. (2009). Melaksanakan PTK itu mudah. Jakatra: Bumi Aksara.
Nurgiyantoro, Burhan. (2001). Penelitian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Edisi ketiga. Yogyakarta: BPFE.
Rusyana, Yus. (1986). Bahasa dan Sastra dalam Gamitan pendidikan. Bandung: CV Diponegoro.
Sadiman, Arief, dkk. (2002). Media Pendidikan. Jakarta: Grafindo.
Sudiana, Dendi. (1986). Komunikasi Periklanan Cetak. Bandung: CV. Remaja Karya.
Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. (2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Suhandang Kustadi. (2010). Periklanan. Bandung: Nuansa.
Suryanto, Alex dan Agus Haryanta. (2007). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT Remaja Bumi Rosdakarya.
Tarigan, Henry Guntur. (1991). Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, Henry Guntur. (1994). Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Widyamartaya, A. (1991). Seni Menuangkan Gagasan. Yogyakarta: Kanisius.
Wiyatama, Rendra. (2009). Pengantar Periklanan. Yogyakarta: Pustaka Book Publishers.

Terimakasih atas kunjungan anda yang telah membaca postingan saya DOWNLOAD PTK BAHASA INDONESIA SMA KELAS XI TERBARU


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : DOWNLOAD PTK BAHASA INDONESIA SMA KELAS XI TERBARU