DOWNLOAD PTK PAI SD KELAS 4 LENGKAP


DOWNLOAD PTK PAI SD KELAS 4 LENGKAP-Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini, menyajikan unsur-unsur dalam penelitian yang meliputi permasalahan, tujuan prosedur pelaksanaan penelitian, hasil dan pembahasan, sampai dengan kesimpulan dan saran. Download ptk pai sd word
Sebagai ilustrasi dari sariMamuju Utara laporan penelitian ini adalah bermula dari munculnya permasalahn dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, siswa belum memahami penerapan membaca Alquran dengan ilmu tajwid, makhroj dan tanafusnya, sehi ngga 12 orang siswa dari 15 jumlah siswa belum mencapai target nilai ketuntasan minimal 70 yang telah ditetapkan.
Tujuan dilaksanakannya PTK ini adalah untuk meni ngkatkan prestasi belajar siswa dengan penerapan metode card sort pada pokok bahasan nun sukun atau tanwin bertemu huruf hijaiyah di kelas IV SDN ............ Kecamatan  ............. Kabupaten ..............
Proses pelaksanaan penelitian pola PTK melalui tiga tahapan, melingkupi prasiklus, siklus I, dan siklus II. Download proposal pai sd Setiap kegiatan pembelajaran terdiri atas: perencanaan, pengamatan, evaluasi dan refleksi.
Hasil dari pelaksanaan penelitian, seluruh siswa telah mencapai target nilai ketuntasan, hal ini membukti kan bahwa penerapan metode card sort , dapat meningkatkan prestasi siswa kelas IV SDN ............ Kecamatan  ............. Kabupaten .............., pada pokok bahasan nun sukun atau tanwin bertemu huruf hijaiyah sesuai dengan tujuan yang direncanakan. Contoh ptk pai sd kelas 4 doc

Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas PAI SD yang diberi judul 
PENERAPAN METODE CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN 

PRESTASI SISWA PADA POKOK BAHASAN NUN SUKUN ATAU 
TAN WIN BERTEMU HURUF HIJAIYAH KELAS IV  
SD NEGERI .......... KECAMATAN .............. KABUPATEN ................ TAHUN PELAJARAN 2015/2016
". Disini akan di bahas lengkap.


CONTOH PTK PAI SD KELAS 4 TERBARU


BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Masalah
Penyelenggaraan pendidikan di Indonesia menurut UU Nomor 20 tahun 2003 pasal 1 ayat (2) menyebutkan bahwa suatu pendi dikan nasional adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman. Download proposal pai sd Tidak bisa di pungkiri bahwa pendidikan Islam baik sebagai sistem maupun institusinya, merupakan warisan budaya bangsa yang berurat berakar pada masyarakat bangsa Indonesia. Dengan demikian jelas bahwa pendidikan Islam akan merupakan bagian integral dari sistem Pendidikan Nasional.
Kehidupan dan peradaban manusia senantiasa mengalami perubahan. Dalam merespons fenomena itu, manusia berpacu mengembangkan kualitas pendidikan, salah satunya melalui penyempurnaan kurikulum, kualitas yang tinggi diperlukan untuk menciptakan keghidupan yang cerdas, damai, terbuka, demokratis dan mampu bersaing.
Dalam konteks madrasah/ sekolah, agar lulusannya memiliki keunggulan kompetensi dan komparasi maka kurikulum Madrasah/ Sekolah perlu dikembangkan dengan pendekatan kompetensi dan tingkat satuan pendidikan. Download ptk pai sd word Hal itu dilakukan agar madrasah secara kelembagaan dapat merespon secara proaktif berbagai perkembangan informasi, ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, serta tuntutan desentralisasi, sehingga madrasah tidak kehilangan relevansi program pembelajarannya.
Selanjutnya basis kompetensi yang dikembangkan di madrasah/ sekolah harus menjamin pertumbuhan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah S.W.T, penguasaan keterampilan hidup, kemampuan akademik, seni dan pengembangan kepribadian yang sempurna. Oleh karena itu peranan dan efektifitas pendidikan agama di madrasah/ sekolah sebagai landasan bagi pengembangan sepiritual terhadap kesejahteraan masyarakat mutlak harus di ti ngkatkan, karena asumsinya adalah jika pendidikan agama (yang meliputi Alquran dan Hadits, Aqidah dan Akhlak, Fiqih dan Sejarah Kebudayaan Islam) yang dijadikan landasan pengembangan nilai spiritual dilakukan dengan baik, maka kehidupan masyarakat akan lebih baik. Contoh ptk pai sd kelas 4
Pendidikan Alquran dan Hadits di madrasah/ sekolah sebagai landasan yang integral dari pendi di kan agama, memang bukan satu-satunya faktor yang menentukan dalam pembentukan watak dan kepribadian peserta didik, tetapi secara subtansial mata pelajaran Alquran dan Hadits memiliki kontri busi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempraktikan nilai-nilai keyakinan keagamaan (tauhid) dan akhl aqul karimah dalam kehidupan sehari-hari. Contoh proposal ptk pai sd pdf
Alquran sebagai kitab suci terakhir, memiliki posisi penting dalam sistem ajaran Islam. Penerimaan wahyu Alquran oleh Nabi Muhammad S.A.W. terkait erat dengan kondisi aktual ketika beliau di  Makkah dan Madinah, meskipun demikian substansi Alquran relevan
sepanjang zaman. Oleh karena itu, Alquran sebagai Kalamullah telah mencerahkan eksistensi kebenaran dan moral manusia, Alquran dipandang sebagai sumber pertama dan utama yang membentuk seluruh bengunan keagamaan Islam baik teologi, etika maupun hukum dan menjadi fondasi bagi segala aspek kehidupan kaum muslimin baik secara individual maupun
sosial. Untuk itu, tanpa pemahaman yang benar terhadap Alquran, bangunan keagamaan Islam ataupun kehidupan, pemikiran, dan kebudayaan kaum muslimin akan cenderung menyimpang dari sumbernya, kita sering menemukan perbedaan pokok-pokok ajaran Islam didalam memahami kandungan Alquran dan Hadits, mereka hanya memperoleh pengetahuan Islam yang bersifat normatif-teologis bersumber pada Alquran dan Hadits yang dipahami berdasarkan salah satu pemahaman tokoh madzhab tertentu, benar dan salah di ukur oleh pendapat madzhabnya, jika suatu kali menyentuh paham madzhab lain segera menganggap dan menyatakan keliru, sesat, menyimpang dan tidak jarang mengkafirkan yang lain, baik itu dalam bidang tauhid, fiqih, tasawuf dan ilmu pengetahuan yang lain, sehingga pengetahuannya terbatas pada satu madzhab, tidak memiliki pilihan alternative pemikiran sesuai dengan perkembangan tempat dan perubahan zaman yang sangat dinamis. Contoh proposal ptk pai sd pdf Hingga sekarang umat Islam Indonesia masih banyak yang beranggapan bahwa Islam yang benar adalah madzhab yang ia yak ini yang di peroleh dari satu madzhab (aliran) saja.
Berbeda dengan proses memperoleh pengetahuan Islam yang bersifat normatif-teologis, dan juga bersifat empiris dan historis dengan prosedur ilmiah, Islam di kaji dari berbagai aspeknya seperti aspek ibadah dan latihan spiritual, teologi, filsafat, tasawuf, politik, sejarah kebudayaan Islam, dan lain-lain. Dengan demikian Islam yang satu memiliki ragam ajaran, ragam pemahaman, dan ragam kebenaran, Islam yang dari berbagai madzhab dan alirannya melalui metode yang sistematis, seseorang akan memiliki pengetahuan yang komprehensif, berpandangan luas dan bijaksana yang menjadi rahmat bagi semua yang selalu berpedoman teguh kepada Alquran dan Hadits, sikap toleran demikian yang membangun akidah ajaran Islam secara menyeluruh. Download ptk pai sd word
Pusat keyakinan kepada Allah S.W.T. adalah merupakan fondasi ajaran Islam yang harus dimiliki dan di tanamkan kepada anak didik sejak dini. Firman Allah S.W.T, dalam Q.S Al Nisa ayat 174:

 “Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu bukti kebenaran dari Tuhanmu (Muhammad dengan Mukjizatnya) dan telah kami turunkan kepadamu cahaya yang terang benderang” (Q.S Al Nisa :1 74)
Upaya untuk memperkenalkan Alquran sejak usia dini menjadi hal yang sangat penting untuk menanamkan kemampuan membaca Alquran untuk itu perlu dirumuskan tujuan pembelajaran yang jelas dalam proses pendidikannya. Download ptk pai sd lengkap Hal ini bertujuan memberikan pemahaman kepada peserta didik bahwa mampu membaca Alquran dengan baik merupakan hal yang sangat penting dalam Islam.
Rasulullah S.A.W. telah memperingatkan kepada kita dalam hadits yang diriwayatkan oleh imam Tirmidzi yang artinya.
Dari Anas bin Malik meriwayatkan bahwa “banyak sekali orang yang membaca Alquran, namun Alquran melaknatinya”. Abu Sulaiman ad-Darini juga berkata, “Malaikat Zabaniyah lebih cepat menghukum penghafal Alquran yang bermaksiat kepada Allah Subhanahu wata’ala dari pada penyembah berhala, yaitu ketika mereka mendurhakai Allah Subhanahu wata’ala setelah membaca Alquran.” Contoh ptk pai sd kelas 4 doc
Melalui Pelajaran Pendidikan agama Islam materi pelajaran Alquran, peserta didik diarahkan dan bimbingan untuk menumbuh kembangkan pengetahuan peserta didik terhadap Alquran, sehingga memperoleh pengetahuan yang baik dan benar, proses pembelajaran yang berori entasi pada kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang muslim terhadap sumber utama ajaran Islam yaitu Alquran diantaranya kemampuan dalam membaca, menghafal, menulis, mengartikan, memahami, dan mengamalkan kandungan Alquran dalam kehidupan sehari -hari, sehi ngga menjadi seorang yang berakhlaq mulia dan bertaqwa kepada Allh S.W.T.
Proses pembelajaran yang telah ditentukan, tujuan pembelajaran untuk mengantarkan peserta didik menuju perubahan-perubahan dalam bidang kognitif, afektif, dan psikomotorik baik intelektual, moral, maupun sosial. Dengan demikian, jelas terlihat begitu pentingnya kemampuan membaca Alquran dengan baik dan benar. Firman Allah S.W.T. dalam Al-Muzammil ayat 4: Contoh ptk pai sd kelas 4

”Atau lebih dari seperdua itu, dan bacalah Alquran itu dengan perlahan-lahan” (Q.S Al Muzammil: 4)
Salah satu tugas guru dalam pembelajaran adalah merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan mengatur interaksi antara komponen¬komponen pembelajaran. Tujuan akhir adalah agar peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran, sedangkan unsur-unsur dan komponen¬komponen tersebut antara lain meliputi kurikulum, guru, peserta didik, materi, metode, dan media pembelajaran.

B. Identifiaksi Masalah 
Dari permasalahan ini yang ada, peneliti pandang peserta didik didalam membaca Alquran masih mengalami kesulitan dan kesalahan baik mahroj ataupun tajwidnya. Contoh proposal ptk pai sd pdf Oleh karena maka peneliti akan berusaha melaksanakan kewaji ban pembelajaran membaca Al quran sesuai dengan kaidah-kaidah qi raah dan i lmu tajwid. Itulah yang mendorong peneliti untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di tempat peneliti mengajar dengan judul “ Penerapan Metode Card Sort Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa pada Pokok Bahasan Nun Sukun atau Tanwin Bertemu Huruf Hijaiyah Kelas IV “

C. Pembatasan Masalah
Dalam melaksanakan penelitian, agar penelitian tidak melebar pembahasannya, perlu dibatas dengan batasan masalah. Adapun batasan masalah pada penelitian kali ini berfokus pada apakah dengan penerapan metode card shot dapat meningkatkan prestasi siswa dalam pembelajaran PAI pada pokok bahasan Nun Sukun atau Tanwin Bertemu Huruf Hijaiyah pada siswa kelas IV SD. Contoh ptk pai sd kelas 4 doc

D. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut maka pembahasan masalah penelitian dapat di identifikasikan sebagai berikut.
1. Bagaimanakah hasil belajar siswa sebelum penerapan metode card sort pada pembelajaran pokok bahasan nun sukun atau tanwi n bertemu huruf hijaiyah kelas IV SDN ............ Kecamatan  ............. Kabupaten .............. Tahun ajaran 2015/2016 ?
2. Bagaimanakah hasil belajar siswa setelah penerapan metode card sort pada pembelajaran pokok bahasan nun sukun atau tanwin bertemu huruf hijaiyah kelas IV SDN ............ Kecamatan  ............. Kabupaten .............. Tahun ajaran 2015/2016 ? Download proposal pai sd
3. Seberapakah hasil peningkatan belajar peserta didik setelah penerapan metode card sort pada pembelajaran pokok bahasan nun sukun atau tanwin bertemu huruf hijaiyah kelas IV SDN ............ Kecamatan  ............. Kabupaten .............. Tahun ajaran 2015/2016 ?

E. Tujuan Penelitian 
Penelitian tindakan kelas ini mempunyai tujuan dan dapat memberikan manfaat sebagai berikut. Contoh ptk pai sd kelas 4 doc
a. Untuk Mengetahui hasil belajar siswa sebelum penerapan metode card sort pada pembelajaran pokok bahasan nun sukun atau tanwin bertemu huruf hijaiyah kelas IV SDN ............ Kecamatan  ............. Kabupaten .............. 
b. Untuk mengetahui hasil belajar siswa sesudah penerapan metode card sort pada pembelajaran pokok bahasan nun sukun atau tanwin bertemu huruf hijaiyah kelas IV SDN ............ Kecamatan  ............. Kabupaten .............. Contoh proposal ptk pai sd pdf

F. Manfaat Penelitian
a. Untuk Sekolah
1. Dapat memberikan sumber perbaikan pembelajaran dan peningkatan prestasi belajar bagi siswa sebelum dan sesudah penerapan card sort pada pembelajaran pokok bahasan nun sukun atau tanwin bertemu huruf hijaiyah kelas IV SDN ............ Kecamatan  ............. Kabupaten ..............
2. Dapat dijadikan dasar untuk melakukan penelitian tindakan kelas dalam upaya perbaikan pembelajaran di SDN ............ Kecamatan  ............. Kabupaten .............. Download ptk pai sd lengkap
b. Untuk Siswa
1. Dapat dijadikan sebagai acuan tindakan preventif untuk mengantisipasi terjadinya penurunan hasil belajar siswa di SDN ............ Kecamatan  ............. Kabupaten ..............
2. Dapat mengatasi kesulitan peserta didik dalam pembelajaran dengan metode card sort pada pokok bahasan nun sukun atau tanwin bertemu huruf hijaiyah kelas IV SDN ............ Kecamatan  ............. Kabupaten .............. Contoh proposal ptk pai sd pdf
3. Dapat meningkatkan prestasi peserta didik dalam pembelajaran tentang kemampuan membaca Alquran dengan metode card sort pada pembelajaran pokok bahasan nun sukun atau tanwin bertemu huruf hijaiyah kelas IV SDN ............ Kecamatan  ............. Kabupaten ..............
c. Untuk Guru
1. Dapat memperoleh gambaran tentang pelaksanaan pembelajaran peserta didik dalam membaca Alquran dengan metode card sort pada pembelajaran pokok bahasan nun sukun atau tanwin bertemu huruf hijaiyah kelas IV SDN ............ Kecamatan  ............. Kabupaten .............. Contoh ptk pai sd kelas 4



DOWNLOAD PTK PAI SD KELAS 4


BAB II
LANDASAN TEORETIS DAN HIPOTESIS


A. Hasil Belajar
1. Pengertian Hasil Belajar
a. Untuk menyatakan bahwa suatu proses pembelajaran dapat berhasil, setiap guru memiliki pendangan masing-masing sejalan dengan filsafatnya. Namun, untuk menyamakan persepsi sebaiknya kita berpedoman pada kuri kul um yang berlaku saat ini yang telah disempurnakan, antara lain bahwa.” Suatu proses belajar mengajar tentang suatu bahan pengajaran dinyatakan berhasil apabila standar kompetensinya dapat tercapai”. Contoh ptk pai sd kelas 4 doc
b. Berdasarkan berbagai pengertian hasil belajar juga disebut hasil evaluasi yang selalu dikaitkan dengan prestasi belajar siswa, menurut Ralph Tyler (1950) mengatakan bahwa evaluasi merupakan sebuah proses pengumpulan data untuk menentukan seberapa jauh, dalam hal apa, dan bagaimana tujuan pendidikan tercapai. Jika belum, bagaimana yang belum dan apa sebabnya. Definisi yang lebih luas di kemukakan oleh dua ahli lain yakni Cronbach dan Stuff lebeam, bahwa proses evaluasi bukan sekedar mengukur seberapa jauh tujuan tercapai, tetapi di gunakan untuk membuat keputusan.
2. Macam-macam Aspek Hasil Belajar
Ada tiga macam aspek hasil belajar dinilai dalam kegiatan pembelajaran yaitu
Pertama, aspek kognitif yang berkaitan dengan hasil belajar berupa pengetahuan, kemampuan dan kemahiran intelektual, beberapa kategori yang mencakup yaitu pengetahuan (knowlegde), pemahaman (comprehension), penerapan (application), analisis (analysis), si ntesis (syntesis), dan evaluasi (evaluation). Download ptk pai sd word Kedua, aspek afektif yang berkaitan dengan perasaan,sikap,minat,dan nilai. Kategori aspek afektif yaitu penerimaan (receving), penanggapan (responding), peni laian (valuing), pengorgani sasi an (organication) dan pembentukan pola hidup. Ketiga, aspek psikomotorik menunjukkan adanya kemampuan fisik seperti ketrampilan motorik dan syaraf, manipulasi objek dan koordinasi syaraf. Kategori dalam aspek psikomotorik yaitu persepsi (perception) kesiapan (set), gerakan terbimbing (guided respons), penyesuian (adaptation) dan kreatifitas.
3. Proses Pembelajaran
Untuk mencapai hasil belajar sesuai dengan tujuan yang hendak di capai yang perlu diperhatikan dan di kembangkan guru dalam proses pembelajaran antara lain:
a. Kurikulum
Keberhasilan implementasi kurikulum sangat di pengaruhi oleh kemampuan guru yang akan menerapkan dan mengaktualisasikan kurikulum tersebut. Download proposal pai sd Kemampuan guru tersebut terutama berkaitan dengan pengetahuan dan kemampuan serta tugas yang di bebankan kepadanya, kunci keberhasilan belajar terletak pada bagaimana pelaksanaan kurikulum dalam kegiatan pembelajaran di sekolah
b. Perencanaan
Perencanaan sangat membantu dalam keberhasilan pembelajaran terutama didalam menyusun langkah-langkah yang akan dilaksanakan untuk mencapai tujuan yang telah di tentukan, perencanaan tersebut dapat disusun berdasarkan kebutuhan dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan keinginan pembuat rencana, namun yang lebih utama adalah perencanaan dibuat harus dapat dilaksanakan dengan mudah dan tepat sasaran. Contoh proposal ptk pai sd pdf
c. Media
Si stem pendi di kan yang baru menuntut factor dan kondisi yang baru pula yang berkenaan dengan sarana fisik maupun non fisik, diperlukan tenaga pengajar yang memiliki kemampuan dan kecakapan yang lebih memadai, peralatan yang lebih lengkap dan admi ni strasi yang lebih teratur. Guru hedaknya dapat menggunakanperalatan yang lebih ekonomis, efisien, dan mampu dimiliki oleh sekolah serta ti dak menolak di gunakannya peralatan teknologi modern yang relevan dengan tuntutan masyarakat dan perkembangan jaman. Download ptk pai sd lengkap Hal tersebut jelaslah bahwa media pendidikan sangat membantu dalam upaya mencapai keberhasilan proses pendidikan dan pengajaran di sekolah.
d. Strategi atau Metode
Strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya/ kekuatan dalam pembelajaran, strategi dapat diartikan sebagai pola-pola umum kegiatan guru, peserta didik dalam mewujudkan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan yang telah di gariskan, oleh sebab itu guru harus memiliki sesuatu metode yang paling baik menurut situasi dan pokok bahasannya seyogyanya sesuai dengan perkembangan peserta didik. Contoh proposal ptk pai sd pdf
Stategi dalam arti sempit disebut metode, kalau begitu apa edanya stategi dan metode? Menurut Aanjaya (2006) strategi adalah a plan of operation achieving something. Sedangkan metode adalah a way in achieving something. Dari pengertian tersebut metode adalah cara untuk mencapai tujuan. Menurut T. Raka Jori dalam Soli Abimanyu dkk (2008) metode sebagai cara kerja yang bersifat realtif umum yang sesuai untuk mencapai tujuan, atau cara yang digunakan sesuai utuk mrncapai tujuan, atau cara yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan bahan pelajaran agar tujuan atau kompetensi dasar dapat tercapai.
Metode memiliki posisi yang penting dalam mencapai tujuan, sedangkan metode atau strategi card sort adalah untuk menggali kemampuan peserta didik agar dapat memberikan argumentasi dan mengaktifkan setiap individu sekaligus kelompok (cooperative laerning) dalam belajar. Download ptk pai sd word
Kagan (1999) menyatakan pembelajaran kooperatif sebagai suatu strategi intruksional yang melibatkan interaksi siswa secara kooperatif dalam mempelajari suatu topic sebagai integral dari proses pembelajran.
Jacob (1999) menyatakan bahwa pembelajaran koopertif adalah suatu metode intruksional di mana siswa dalam kelompok kecil bekerja sama dan saling membantu dalam menyelesaikan tugas akademik.
Setiap guru mempunyai keingi nan agar dirinya dapat mengajar dengan baik, guru berharap bisa mempengaruhi peserta didik agar mereka meraih keberhasilan dan kesuksean belajar, guru ingin apa yang telah di ajarkan dan di presentasi kan di depan kelas dapat di terima peserta di di k dengan sempurna semua yang di kerjakan bisa membuahkan prestasi bagi guru, siswa, orang tua, dan sekolahnya. Contoh ptk pai sd kelas 4 doc
Untuk mencapai keberhasilan belajar tersebut perlu dikembangkan proses belajar yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan peserta didik adapun usaha guru yaitu:
- Penumbuhan motivasi, baik intuksi maupun ekstrinsik. 
- Penerapan materi yang akan akan dipelajari.
- M engupayakan fokus pada satu permaslahan.
- Bekerja dengan bekerja dan bermain.
- Penyesuaian terhadap perbedaan individu.
- Peluang untuk bekerja denagn berbagai pola i nteraksi. Contoh ptk pai sd kelas 4
- Peluang untuk menemukan sendi ri i nformasi dan konsep.
- Menumbuhkan kepekaan mencari masalah dan perencanaan.
- Mengupayakan keterpaduan, baik asimilasi maupun akomodasi kognitif.
Kegiatan pembelajaran dalam rangka untuk mencapai tujuan pembelajaran, guru dengan sadar berusaha mengatur lingkungan belajar agar bergairah bagi peserta didik, dengan seperangkat teori dan pengalaman yang dimiliki guru, mempersiapkan program pengajaran dengan baik dan sistematis.
Salah satu usaha yang tidak pernah guru tinggalkan adalah bagaimana memahami kedudukan metode sebagai salah satu komponen yang ikut ambil bagian bagi keberhasilan proses pembelajaran kerangka berfikir yang demikian bukanlah suatu hal yang aneh, tetapi nyata dan memang harus betul-betul di pikirkan oleh seorang guru, tidak ada satupun kegiatan belajar mengajar yang tidak menggunakan metode pengajaran, ini bearti guru memahami kedudukan metode sebagai alat motivasi ekstrinsik dalam kegiatan belajar mengajar. Download ptk pai sd word Motivasi ekstrensik menurut Sardiman A.M (1988:90) adalah motif-motif yang aktif dan berfungsinya, karena adanya perangsang dari luar. Oleh karena itu metode sebagai alat perangsang dari luar yang dapat membangkitkan belajar seseorang.
4. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar
Hasil pembelajaran siswa dapat diketahui melalui penilaian kelas, merupakan proses pengumpulan dan menggunaan i nformasi untuk memberi keputusan terhadap hasil belajar siswa, berdasarkan tahapan kemajuan belajar sehingga didapatkan profil kemampuan siwa sesuai dengan kepetensi yang di tetapkan dalam kuri kulum. Bentuk peni laian kelas yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu peni laian kenerja (performance) penilaian tes tertulis (paper and pen) dan penilaian sikap. Contoh ptk pai sd kelas 4
Fakto-faktor yang mempengaruhi hasil belajar ada tiga:
Pertama, faktor dari dalam di ri siswa yang terdiri dari
- Jasmani berkaitan dengan kesehatan badan, dan cacat tubuh (penglihatan, pendengaran, bicara).
- Faktor psikologis berkaitan dengan intelegensi, perhatian, minat, bakat, motif, kematangan, dan kesiapan mental (mungkin anak mengalami ganguan alat perseptual) dan tidak menguasai cara-cara belajar yang baik.
Kedua, faktor lingkungan keluarga
- Kemampuan ekonomi orang tua
- Perhatian dan pengawasan dari orang tua
- Harapan-harapan orang tua
Keti ga, faktor li ngkungan sekol ah dan mayarakat
- Kondisi sekolah (gedung dan lokasi sekolah)
- Kurikulum yang di ajarkan
- Guru/ pembimbing Contoh proposal ptk pai sd pdf
- Metode dan media pembelajaran
- Lingkungan masyarakat yang memadai dan mendukung kegiatan pembelajaran. 
5. Manfaat Hasil Belajar
Yang menjadi tolak ukur bahwa suatu proses pembelajaran dianggap berhasil apabila daya serap terhadap bahan pengajaran yang di ajarkan mencapai prestasitinggi, baik secara individual maupun kelompok. Perlu diketahui bahwa evaluasi banyak digunakan dalam berbagai bidang dan kegiatan, seperti kegiatan Bimbingan dan Penyuluhan, supervise, seleksi, dan pembelajaran setiap kegiatan atau bidang tersebut mempunyai tuj uan yang berbeda adapun tuj uan dari evalusi pembelajaran adalah untuk membatu belajar peserta didik, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan peserta didik, menilai efektifitas pembelajaran, menilai dan meningkatkan efektifitas program kurikulum, menyediakan data yang membantu dalam membuat keputusan komuni kasi yang meli batkan orang tua peserta didik, sesama guru, kepala sekolah, dan bagi peserta didik sendiri. Contoh ptk pai sd kelas 4 doc Hal ini dimaksudkan bahwa hasil pembelajaran dapat diketahui oleh semua pihak dan merasa puas dengan hasil (laporan) belajar, dan pihak-pihak tersebut merasa dihargai.
Setelah hasil evaluasi dilaporkan ke berbagai pihak maka langkah selanjutnya adalah bagaimana memanfaatkan hasil evaluasi sebaik-baiknya, untuk berbagai kepentingan. Hasil evaluasi tidak akan banyak manfaatnya bila tanpa adanya refleksi atas apa yang telah terjadi sebagai dasar untuk memperbaiki langkah berikutnya.
Salah satu manfaat hasil evaluasi adalah untuk memberikan umpan balik (feedback) kepada semua pi hak yang terli bat dalam pembelajaran, baik secara langsung maupun tidak langsung. Menurut QCA (2003) “feedback is the mean by which teachers enable children to close the gap in order to take learning forward and improve children’s performance”. Umpan balik dapat dijadikan sebagai alat bagi guru untuk membantu peserta didik agar kegiatan belajarnya memnjadi lebih baik dan meningkatkan kinerjanya.
Adapun manfaat hasil belajar: Contoh proposal ptk pai sd pdf
a. Bagi guru
- Promosi peserta didik (kenaikan kelas atau kelulusan)
- Mendiagnosis peserta di di k yang memi li ki kelebi han atau kelemahan, baik secara individu atau kelompok Contoh ptk pai sd kelas 4 doc
- Feedback dalam menyusun dan melaksanakan perbaikan terhadap sistem pembelajaran
- Dijadikan dasar pertimbangan dalam membuat atau menyusun perencanaan pembelajaran
- Menyusun laporan kepada orang tua atau pihak yang berkepentingan guna menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik
- M enentukan perlu tidaknya pembelajran remidi
b. Bagi peserta didik
- Membangkitkan minat dan motifasi belajar
- Membentuk sikap positif terhadap belajar dan pembelajaran 
- Mengetahui kedudukan peserta di di k dalam kelasnya Download proposal pai sd
c. Bagi orang tua
- Mengetahui kemajuan belajara peserta didik
- Membimbing kegiatan belajar peserta didik di rumah
- Menentukan tindak lanjut pendidikan yang sesuai dengan kemampuan anaknya
- Memprakirakan kemungkinan berhasil tidaknya anak tersebut dalam bidang pekerjaanya
d. Bagi administrasi sekolah
- Menentukan penempatan peserta didik
- Menentukan kenaikan kelas Contoh ptk pai sd kelas 4 doc
- Mengelompokkan pesrta didik di sekolah mengingat terbatasnya fasili tas pendidikan yang tersedia, serta indikasi kemajuan peserta didik pada waktu mendatang.

B. Metode Card Sort
1. Pengertian Card sort
Pembalajaran card sort dapat didefinisikan sebagai sistem kerja/belajar kelompok yang terstruktur. Yang termasuk di dalam struktur ini adalah lima unsure pokok (Johnson & Johnson, 1993), yaitu saling ketergantungan positif, tanggungjawab individual, i teraksi personal, keahlian bekerja sama, dan proses kerja kelompok. Dalam stategi pebelajaran kooperatof, siswa diarahkan untuk dapat juga bekerja, mengembangkan diri, dan bertanggungjawab secara individu. Strategi belajar card sort adalah strategi pembelajaran yang di dalamnya mengkondi si kan para si swa untuk bekerja bersama-sama di dalam kelompok-kelompok kecil untuk membantu satu sama lain dalam belajar. Contoh proposal ptk pai sd pdf Menurut Ibrahim (2000;2) strategi pembelajran kooperatif merupakan strategi pembelajaran yang membantu sisea mempelajari akademik dan hubungan social.
Pada pembelajaran card sort terdapat saling ketergantungan positif diantara siwa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Setiap siswa mempunyai kesempatan yang sama untuk sukses. Strategi pembelajaran card sort beranjak dari dasar pemikiran “getting better together”, yang menekankan pada pemberian kesempatan belajra yang lebih luas dan suatu yang kondusif dimana siswa dapat memperoleh, dan mengembangkan mengembangkan pengetahuan, sikap, nilai, serta ketrampi lan-ketrampi lan sosial yang bermanfaat bagi kehi dupannya di masyarakat. Pembelajran card sort dikenal dengan pembalajaran secra kelompok. Download ptk pai sd lengkap Posamentier (1999;2) secara sederhana menyebutkan belajar secara kooperatif adalah menempatkn bebrapa siswa dalam kelompok kecil dan memberi kan mereka sebuah atau beberapa tugas.
Melalui strategi belajaran card sort, siswa bukan hanya belajar dan menerima apa yang disajikan oleh guru dalam PBM, melainkan dapat pula belajar dari siswa lainnya., dan sekali gus mempunyai lesempatan untuk membelajarkan siswa yang lain.
Dengan interaksi belajar yang efektif siswa lebih termotivasi, percaya diri, mampu mengunakan stategi berfikir tingkat tinggi, serta mampu menbangun hubungan interpersonal. Strategi pembelajran card sort memungkinkan semua siswa dapat menguasai materi pada tingkat penguasaan yang relative sama atau sejajar. Pada saat siswa belajar dalam kelompok akan berkembang suasana belajar yang terbuka dalam dimensi kesejawatan, karena pada saat itu akan terjadi proses belajar kolaboratif dalam hubungan pribadi yang saling membutuhkan, pada saaat itu pul siswa yang belajar dalam kelompok kecil akan tumbuh dan berkembang pola belajar utor sebaya (peer group) dan belajar secara bekerja sama (cooperative). Contoh proposal ptk pai sd pdf
Pada strategi pembelajaran card sort, guru bukan lagi berperan sebagai satu-satunya narasumber dalam PBM, tetapi berperan sebagai mediator, stabilisator, dan manajer pembelajaran. Download ptk pai sd word Iklim belajar yang berlangsung dalam suasana keterbukaan dan demokrasi akan memberikan kesempatan yang opti mal bagi siswa untuk memperoleh informasi yang lebih banyak mengenai materi yang dibelajarkan dan sekaligus melatih siakp dan ketrampilan sosialnya sebagai bekal dalam kehidupan di masyarakat, sehingga perolehan dan hasil belajar siswa akan semakin meningkat.
2. Prinsip metode Card sort
Prinsip metode card sort dalam strategi pembelajaran kelompok (cooperative learning):
a. Belajar Aktif
Belajar aktif, ditunjukkan denagn adanya ketertiban intelektual dan emosional ang tinggi dalam proses belajar, tidak sekedar aktifitas fisik semata. Siswa diberi kesempatan untuk berdiskusi, melakukan eksplorasi terhadap materi yang sedang dipelajari serta menafsirkan hasilnya secara bersama-sama di dalam kelompok. Siswa diberi kebebasan untuk mencari berbagai sumber belajar yang relevan. Contoh ptk pai sd kelas 4 Kegiatan demikian memungkinkan siswa utnuk berinteraksi aktif dengan lingkungan dan kelompoknya, sebagai media untuk mengembangkan pengetahuannya.
b. Pendekatan Konstruktivistik
Pendekatan konstruktivistik dalam pembelajran card sort dapat mendorong siswa untuk mampu membangun pengetahuannya secara bersama-sama di dalam kelompok. Mereka didorong untuk menemukan dan mengkonstruksi kan meteri yang sedang di pelajari melalui di skusi, observasi, atau percoabaan. Dengan cara demikian materi pelajaran dapat di bangun bersama-sama, pengetahuan di bentuk berdasarkan pengalaman serta interaksinya dengan lingkungan di dalam kelompok belajar, sehingga terjadi saling memperkuat diantara anggota kelompok, ini berarti siswa di dorong untuk membangun makna dari pengalamnya, sehingga pemahaman terhadap fenomena yang sedang dipelajari meningkat. Mereka di dorong untuk memuncul kan berbagai sudut pandang terhadap materi atau masalah yang sama, untuk kamudian membangun sudut pandang atau konstruksi pengetahuannya secara bersama pula. Hal ini merupakan realisasi dari hakikat konstruktivistik dalam pembalajaran. Contoh proposal ptk pai sd pdf
c. Pendekatan Kooperatif
Pendekatan kooperatif mendorong dan membari kesempatan kepada siswa untuk terampil berkomunikasi, artinya, siswa di dorong untuk mampu menyatakan pendapat, meminta feed back setra mangujakan pertanyaan-pertanyan dengan baik. Siswa juga mampu membangun dan mejaga kepercayaan, terbuka untuk menerima dan memberi kan pendapat serta ide-idenya, mau berbagi informasi dan sumber, mau membari dukungan pada orang lain dengan tulus. Siswa juga mampu memimpin dan terampil mengola kontroveri (managing controvercy), menjadi situasi problem solving, mengkritisi ide bukan pesona arangnya. Download ptk pai sd word
Kegiatan pembelajaran dalam rangka untuk mencapai tujuan pembelajaran, guru dengan sedar berusaha mengatur lingkungan belajar agar bergairah bagi peserta didik. Dengan seperangkat teori dan pengalaman yang dimiliki guru, bagaimana mempersiapkan program pengajaran dengan baik dan sistematis.
Salah satu usaha yang harus diperhatikan guru adalah bagaimana memahami kedudukan metode sebagai salah satu komponen yang ikut ambil bagian bagi keberhasilan proses pembelajaran, kerangka berfikir demikian bukanklah suatu suatu hal yang aneh, tetapi nyata dan memang harus betul-betul dipikirkan oleh seorang guru, tidak ada suatuun kegiatan belajar mengajar yang tidak mengunakan metode sebagai alat motivasi ekstrinsik dalam kegiatan pembelajaran. Motivasi ekstrinsik menurut Sardiman A.M (1990) adalah motif-motif yang aktif dan berfungsinya karena adanya perasang dari luar. Oleh karana itu metode sebagai alat perangsang dari luar yang dapat membangkitkan belajar seseorang. Download proposal pai sd
Dalam metode card sort sangat di butuhkan media, secara harfiah kata media memiliki arti “perantara” atau “pengantar” Association for Education and Comunication Technology (AECT) mendefinisikan media yaitu segala bentuk yang dipergunakan untuk suatu proses penyaluran informasi. Sedangkan National Education Association (NEA) mendifinisiakan sebagai benda yang dapat di manipulasikan, dilihat, di dengar, di baca, atau sebagai instrumen yang di pergunakan dengan baik dalam kegiatan belajar-mengajar agar dapat mempengaruhi efektifitas peserta didik. Dari definisi tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa pengertian media merupakan suatu yang bersifat menyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran, perasaan dan kemauan audien (siswa) sehingga dapat mendorong terj adinya proses belajar pada dirinya lebih baik dan meningkatkan performa mereka sesuai dengan tuj uan yang ingin dicapai. Contoh ptk pai sd kelas 4 doc
Metode card sort yang dilakukan secara kerja kelompok merupakan serangkaian kegiatan pembelajaran yang tidak dapat dipisahkan antara kartu induk dan rinciannya. Pembelajaran dengan kerja kelompok akan menghasilakan pemahaman dalam belajar secara efektif, lebih mudah memahami dan menguasai meteri yang disampaikan oleh guru, karena dalam kegiatan kerja kelompok siswa yang belum jelas akan terbantu oleh rekan kerjanya. Semua peserta didik telibat sacara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Perlu diketahui dalam metode card sort kerja kelompok sifatnya hanya pada saat itu saja (incidental).
3. Faktor-faktor yang Mempengaruhi
Faktor yang harus diperhatikan oleh guru yaitu:
a. Perlu adanya motivasi (dorongan) yang kuat untuk bekerja sama pada setiap anggotanya.
b. Pemecahan masalah dapat di pandang satu unit, di pecahkan bersama atau maslah dibagi- bagi untuk dikerjakan masing-masing individu. Contoh ptk pai sd kelas 4 Hal ini bergantung kompleks tidaknya maslah yang akan di pecahkan.
c. Persaingan antar kelompok biasnya mendorong untuk aktif belajar.
d. Situasi yang menyenangkan antar anggota banyak menentukan berhasil tidaknya kerja kelompok.
e. Upayakan agar peserta didik memiliki ketrampilan memecahkan masalah terkait materi pokok bahasan.
4. Langkah-langkah Metode Card Sort
Prosedur card sort yang harus di lakukan dalam pembelajaran adalah:
a. Guru menyiapkan kartu berisi tentang materi pokok bahasan yang sesuai dengan SK/KD (sejumlah murid dikelas).
b. Sel uruh kartu di acak / di kocok agar campur. Download ptk pai sd word
c. Guru membagi kan kartu kepada peserta didik dan pastikan masing¬masing memperoleh satu kartu ( atau boleh dua kartu).
d. Guru memerintahkan setiap peserta didik bergerak mencari kartu induknya dengan mencocokkan kepada teman sekelas.
e. Setelah kartu induk beserta seluruh kartu rinci annya katemu, perintahkan masing-masing membentuk kelompok dan menempelkan hasilnya secara urut.
f. Lakukan koreksi bersama-sama setelah semua kelompok menempel kan hasi lnya.
g. Mintalah salah satu penaggung jawab kelompok untuk menjelaskan hasil sortir kartunya, kemudi an mi ntalah komentar dari kelompok lainnya.
h. Guru memberi apresiasi setiap hasil kerja peserta didik.
i. Guru melakukan klarifikasi, penyimpulan dan tindak lanjut pembetulan bila ada yang salah. Contoh ptk pai sd kelas 4
j. Guru memberi tugas rumah kepada siswa.

B. Kerangka Berpikir
Berdasarkan uraian permasalahan di atas, dapat dipahami bahwa untuk mencapai hasil belajar yang maksimal pada siswa diperlukan metode pembelajaran yang bervariatif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode card sort untuk meningkatkan hasil belajar PAI pada pokok bahasan nun sukun bertemu huruf hijaiyah pada siswa.  Contoh ptk pai sd kelas 4 doc

C. Hipotesis Tindakan
Pembelajaran dengan metode card sort menggunakan media pembelajran akan mudah diserap oleh mata dan telinga siswa, tujuan supaya bahan pelajaran yang disampaikan oleh guru lebih mudah difahami oleh siswa, siswa merasa dapat belajar dengan situasi koleompok, memecahkan masalah bersama-sama. Download proposal pai sd Siswa merasa lebih mudah memahami dan menguasi materi yang disampaikan oleh guru, karena dalam kegiatan kelompok siswa yang belum faham akan terbantu oleh temennya, semua peserta didik telibat secara aktif dalam kegiatan dan siswa bersaing sehat dan menyenangkan.
Sehingga berdasarkan uraian diatas maka hipotesis penelitian berbunyi “ terdapat peningkatan hasil belajar dan prestasi siswa melalui penerapan card sort pada materi pokok bahasan nun sukun atau tanwi n bertemu huruf hijaiyah di kilas IV SDN ............ Kecamatan  ............. Kabupaten .............. tahun ajaran 2015/2016”. Contoh proposal ptk pai sd pdf



CONTOH PROPOSAL PTK PAI SD TERBARU


BAB III
PROSEDUR PENELITIAN


A. Setting Penelitian
Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik di kelas IV semester genap, penulis melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di tempat penulis mengajar, keadaan siswa di kelas IV semester genap dengan jumlah siswa 9 anak, terdiri dari 4 anak siswa laki-laki dan 5 anak siswa perempuan. Download ptk pai sd lengkap
Untuk mengetahui sejauh mana karakteristik yang di miliki berbeda-beda peulis memandang dari berbagi sudut antara lain:
1. Tempat ti nggal siswa di daerah pedesaan
2. Minat belajar siswa terhadap mata pelajaran PAI sangat rendah
3. Kurangnya perhatian orang tua terhadap mata pelajaran PAI
Sehingga guru harus memberi motivasi dengan cara penggunaan metode-metode yang tepat dalam pembelajaran dan dapat merangsang minat siswa dalam belajar. Contoh ptk pai sd kelas 4 doc
B. Waktu Dan Subjek Penelitian
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam perbaikan pembelajaran ini dilaksanakan dikelas IV SDN ................ pada semester genap bulan Februari sampai Apri l 2016
Jadwal Kegiatan Penelitian

Keterangan
1. Studi lapangan dilaksanakan tanggal 10 Februari 2016
2. Penyusunan Rencana Pembelajaran minggu ke tiga, pelaksanaan pembelajaran tanggal 24 Februari 2016, dengan analisa nilai
3. Penyusunan RPP si klus I tanggal 3 M aret 2016 Contoh ptk pai sd kelas 4 doc
4. Pelaksanaan perbaikan tanggal 10 Maret 2016 dilanjutkan dengan analisa ni lai
5. Penyusunan RPP siklus II tanggal 17 Maret 2016 Contoh ptk pai sd kelas 4
6. Pelaksanaan perbaikan tanggal 24 Maret 2016 dilanjutkan dengan analisa ni lai
7. Analisa nilai siklus I dan siklus II
8. Penyusunan laporan
9. Penyelesaian
Adapun dipilihnya kelas tersebut dijadikan sebagai tempat/objek penelitian karena penulis adalah guru di SDN ................. sehingga memudahkan proses penelitian, kecuali itu juga sesuai dengan makna PTK itu sendiri, PTK merupakan perbaikan pembelajaran dilingkungan sekolah sendiri guna meningkatkan prestasi hasil belajar siswa. Contoh proposal ptk pai sd pdf

C. Sumber Data dan Jenis Data
Terkait dengan penelitian ini yang akan dijadikan sebagai sumber data atau subyek penelitian adalah peserta didik kelas IV SDN ..............., dimana peserta didik tersebut tidak hanya diperlukan sebagai obyek yang dikenai tindakan, tetapi juga aktif dalam kegiatan yang dilakukan. Peneliti sebagai pengamat sekaligus guru di dalam melakukan pembelajaran kontekstual.
Data penelitian ini mencakup:
1. Skor tes peserta didik dalam mengerjakan soal yang diberikan, hasil diskusi pada saat pelajaran berlangsung dan hasil tes yang dilakukan pada setiap akhir tindakan.
2. Hasil lembar observasi perilaku aktivitas peserta didik. Download ptk pai sd lengkap
3. Hasil observasi dan catatan lapangan yang berkaitan dengan aktivitas peserta didik pada pembelajaran PAI berlangsung.
Data penelitian ini berupa hasil pengamatan, kumpulan, pencatatan lapangan dan dokumentasi dari setiap tindakan perbaikan penggunaan metode Card Sort dalam upaya meningkatkan prestasi siswa pada pokok bahasan Nun Sukun atau Tanwin Bertemu Huruf Hijaiyah pada Pembelajaran PAI Kelas IV SD

D. Teknik Pengumpulan Data
1. Metode Evaluasi
Metode evaluasi digunakan untuk mengetahuai pencapaian hasil belajar siswa, hasil belajar yang dimaksud berupa hasil belajar kognif. Download ptk pai sd word Tes ini dilakukan sebelum dan sesudah perbaikan pembelajaran, denga tujuan mendapatkan data yang menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa.
2. Metode Observasi
Metode observasi ini digunakan untuk mengukur aktifitas belajar siswa. Keaktifan belajar yang di ukur dengan metode ini adalah aktivias fisik siswa.
3. Metode Dokumentasi
Metode ini dilakukan dengan mengambi l dokumen atau data yang mendukung penelitian seperti daftar nama siswa kelas IV SDN ............ Kecamatan  ............. Kabupaten .............. Contoh ptk pai sd kelas 4 doc
E. Validasi Data
Uji coba tes dilakukan di kelas IV SDN ............ Kecamatan  ............. Kabupaten ..............
1. Uji Validitas Tes
Validitas adalah suatu ukuran yang menunjukkan tingkat-tingkat kevalidan suatu instrumen. Teknik yang digunakan untuk mengetahui kesejajaran adalah teknik korelasi product moment yang dikemukakan Pearson (Suharsimi, 2009: 69).
2. Uji Reliabilitas Tes
Reliabilitas adalah ukuran konsistensi internal dari indikator-indikator sebuah variabel bentukkan yang menunjukkan derajad sampai dimana masing-masing indikator itu mengindikasikan sebuah variabel bentukan yang umum. Download proposal pai sd Uji reliabilitas dimaksudkan untuk melihat konsistensi instrumen. (Ghozali, 2004:111).

F. Analisis Data
1. Analisa Pendahuluan
Merupakan tahapan untuk memberi penilaian terhadap hasil observasi penerapan metode card sort pada pokok bahasan nun sukun atau tanwin bertemu huruf hijaiyah pada prasiklus, siklus pertam dan siklus kedua.
2. Analisa Uji Hipotesis
Data pada analisis ini adalah untuk menguji kebenaran hipotesis
3. Analisa Lanjut
Setelah hasil penelitian diperoleh maka akan diperoleh kebenaran dari hipotesis.

G. Indikator Kinerja
Meningkatkan prestasi belajar peserta didik (termasuk aktivitas peserta didik) kelas IV SDN ........... pada mata pelajaran PAI, khususnya pada pokok bahasan Nun Sukun Atau Tanwin Bertemu Huruf Hijaiyah. Contoh proposal ptk pai sd pdf Apabila peran guru selama proses pembelajaran sesuai dengan skenario dalam proses pembelajaran Metode Card Sort, sehingga mampu meningkatkan prestasi belajar peserta didik dengan indikator sebagai berikut.
a. Aktivitas belajar peserta didik telah mencapai kriteria baik sekali, dengan jumlah presentase aktivitas belajar dalam kegiatan pembelajaran sekurang-kurangnya 75%.
b. Prestasi belajar peserta didik yang berupa nilai tes peserta didik (setelah tindakan penelitian) lebih dari atau sama dengan 70 sebanyak 75% dari seluruh peserta didik di kelas IV Sulili Jambu dan rata-rata kelas lebih dari 7,0. Download ptk pai sd lengkap

H. Prosedur Tindakan 
Dalam pelaksanaan perbaikan pembelajaran untuk meningkatkan prestasi hasil belajar siswa maka peneliti mengembangkan rencana Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) berupa prosedur kerja yang dilaksanakan didalam kelas, dalam penelitian ini terdiri dari siklus satu dan siklus dua yang masing – masing terdiri atas:

1. Perencanaan
2. Pelaksanaan
3. Pengamatan
4. Refleksi. Contoh proposal ptk pai sd pdf
Diskripsi Per siklus
Pra siklus
1. Identikasi masalah
2. Analisa masalah dan menentukan berbagai faktor penyebab
3. M erumuskan ide-ide sementara (hipotesa) tentang berbagai factor penting yang berkaitan dengan masalah
4. M engumpulkan dan menafsirkan data untuk mengembangkan alternatife tindakan.
5. Merumuskan tindakan
Siklus I
1. Perencanaan
a. Menyusun Rencana Perbaikan Pembelajaran (RPP) siklus I sehingga upaya perbaikan pembelajaran sebelum siklus I dengan merumuskan tujuan meni ngkatkan prestasi siswa tentang nun sukun atau tanwin bertemu huruf hijaiyah melalui metode card sort.
b. Menentukan jadwal penelitian Download proposal pai sd
c. M enentukan teman sejawat sebagai teman observasi
d. Menyiapkan data pendukaung perangkat perbaikan pembelajaran
e. Menyiapkan alat peraga perbaikan
2. Pelaksanaan
a. Kegiatan Awal:
1) M engkondi si kan kelas
2) Apersepsi pembelajaran
3) Menyampaikan tujuan perbaikan pembelajaran
4) Memberikan motivasi keberhasilan pembelajaran
b. Kegiatan Inti:
1) Penjelasan materi yang diawali dengan guru mengadakan tanya jawab sebagai penanaman konsep kontekstual tentang penerapan ilmu tajwid dalam membaca Al quran. Contoh ptk pai sd kelas 4 doc
2) Siswa membaca surat Al-alaq ayat demi ayat dengan bimbinganguru.
3) Siswa mencari bacaan surat Al-alaq yang terdapat bacaan tajwid nun sukun atau tanwin
4) Siswa mengidentifikasi bacaan tajwid pada surat Al-alq pada materi pokok bahasan nun sukun atau tanwin
5) Laporan hasil kerja kelompok
6) Membahas hasil kerja kelompok siswa bersama guru
c. Kegiatan Akhir:
1) Bersama guru, siswa membuat kesimpulan
2) M emberikan tugas rumah
3) Melaksanakan evaluasi

3. Pengumpulan Data
Hasil perbaikan yang telah dilaksankan selama berlangsungnya proses perbaikan pembelajaran, oleh observer atau temen sejawat, di kumpulkan dan di lengkapi dengan beberapa instrument pengamatan, sebagai data untuk di evaluasi. Contoh ptk pai sd kelas 4
4. Refleksi
Perbaikan pembelajaran dengan pola penelitian kelas yang dilaksankan dalam siklus I, telah di lakukan pengkajian dan peni laian secara efektif di IV SDN ............ Kecamatan  ............. Kabupaten .............. sebagai teman sejawat dan pengamat.
Dari hasil indentifikasi yang telah dianalisis dalam perbaikan pembelajran Pendidikan Agama Islam pada materi nun sukun atau tanwin berteemu huruf hijaiyah kelas IV SDN ............ Kecamatan  ............. Kabupaten ..............dalam siklus I, ternyata keberhasilan siswa yang mencapai nilai ketuntasan baru 63% dari 15 j umlah siswa, oleh karena itu perlu di lakukan perbaikan kembali di siklus II. Download ptk pai sd word
Siklus I
1. Perencanaan
a. Mengembangkan desain Rencana Perbaikan Pembelajaran (RPP) siklus II sebagai upaya merbaikan pembelajran siklus I.
b. Membuat jadwal sesuai denagn kemampuan dan waktu yang tersedia secara realistik.
c. Komsultasi dan diskusi hail penalitian dengan teman sejawat dan kepala sekolah.
d. Mencari dukungan informasi dari teman sejawat untuk memperoleh asumsi tindakan kelas yang akan dilakukan. Download ptk pai sd lengkap
2. Pelaksanaan
a. Kegiatan Awal
1) Mengkondisikan kelas supaya siswa memperhatikan materi pembelajaran
2) Apersepsi pembelajaran
3) Menyampaikan tujuan perbaikan pembelajaran
4) Memberi motivasi, supaya siswa berhasil.
b. Kegiatan Inti
1) Guru mengadakan tanya jawab tentang materi yang lalu.
2) Penjelasn maeri disertai Tanya jawab bersama siswa pada materi nun sukun atau tanwin bertemu huruf hijaiyah 
3) Siswa melakukan kegiatan pengambilan kartu sortir (card Sort) secara bergiliran, menggunakan peraga atau media yang telah disediakan guru, (boleh satu kartu atau lebih). Download ptk pai sd word
4) Selanjutnya siswa bergabung dengan induknya, sesuai dengan kelompok bacaan-bacaan tajwidnya.
5) Laporan hasil kerja perkelompok.
6) Membahas hasil kerja bersama kelompok bersama kelompok lain, guru sebagai mediator.
c. Kegiatan Akhir
1) Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru
2) Memberikan tugas rumah
3) Melaksanakan evaluasi
3. Pengumpulan Data
Perbaikan pembelajaran yang dilakukan pada siklus II dinyatakan telah tercapai dan berhasil, berdasarkan hasil pengamatan selama berlangsungnya proses perbaikan pembelajaran yang dilkakukan oleh observer (teman sejawat) dengan disertai instrukment pengamatan dan data yang valid. Download ptk pai sd lengkap
4. Refleksi
Perbaikan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi nu nsekun atau tanwi n bertemu huruf hijaiyah dalam si klus II, ternyata dari 36 jumlah siswa dikelas IV SDN ............ Kecamatan  ............. Kabupaten .............. telah mencapai ketuntasan 100%. Contoh proposal ptk pai sd pdf


DOWNLOAD PROPOSAL PTK PAI SD KELAS 4



DAFTAR PUSTAKA


Al -hami d, Zaid, H usein, Ringkasan Ihya’ Ulumuddin; Jakarta, Pestaka Amani, 1995.
Ari Kunto,Suharsimi, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan: Jakarta, Bumi Aksara, 2006
Arifin Zaenal, Evaluasi Pembelajaran: Jakarta, Derektoral Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia, 2009
Asnawir, Media Pembelajran: Jakarta, Ciputat Press, 2002
Bisri, M, Akhlak; Jakarta, Departemen Pendidikan Islam, Departemen Agama RI, 2009
Budiami n, Ami n, Bimbingan Konseling; Jakarta, Di retkorat Pendidi kan Islam, Departemen Agama RI, 2009
Departemen Agama RI, AlQuran terjamahan; Jakarta, Khaerul Bayan, 2005 Djamaroh, Syaiful Bahri, Strategi Pembelajaran Mangajar: Jakarta, PT. Rineka Ci pta, 2006
Hamali k, Oemar, Penerapan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem; 2001
Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan; Jakarta, Bumi Aksara, 2006 Hermawan, Haris, Fislafat Pendidikan Islam; Jakarta, Direkorat Pendidikan Islam, Departemen Agama RI, 2009
I smail, Stratagi pembelajaran islam Berbasis PAIKEM: Semarang, Rasail Media Group, 2008
Lutfi, Ahmad, Pembelajaran Al-qur’an an Hadits; Jakarta, Derektoral
Pendi di kan Islam Departemen Agama Republik Indonesia,2009 Majid, Abdul, Penerapan Pembelajaran; Bandung, P.T Remaja
Rosdakarya, 2008
Masitoh, Strategi Pembelajaran: Jakarta, Derektoral Pendidi kan Islam Departemen Agama Republik Indonesia,2009
M uslich, Mas Nur, Melaksanakan PTK itu Mudah, Jakarta, Bumi Aksara, 2009
Nasution, S, Asas-asas Kurikulum; Jakarta, Bumi Aksara, 2006
Sami manto, Ayo Praktik PTK; Semarang, RaSA IL Media Group, 2010 Sugiono, Metode Penelitian: Alfabeta, 2009
Supriyadi, Metode Studi Islam; Jakarta, Direktorat Jendral Pendidikan Islam, Departeman Agama RI, 2009
Susetyo, Budi, Statistika; Jakarta, Di rektorat Pendidikan Islam, Departemen Agama RI, 2009
Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan; Bandung, P.T. Remaja Rosdakarya, 2008
Zarkasyi, Dachlan Sal im, Metode Praktis Belajar Membaca Al-qur’an dan Tajwid: Semarang,1990

Terimakasih atas kunjungan anda yang telah membaca postingan saya DOWNLOAD PTK PAI SD KELAS 4 LENGKAP

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : DOWNLOAD PTK PAI SD KELAS 4 LENGKAP